Pesta Budaya Erau Expo 2009 di Kukar

Kukar, Kalimantan Timur - Pesta budaya adat Erau akhir Juli mendatang akan dimeriahkan dengan Erau Expo 2009 yang mengangkat tema "Kutai Bangkit". Erau Expo 2009 itu merupakan pameran promosi berbagai potensi yang dimiliki daerah, diselenggarakan oleh Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Kutai Kartanegara (Kukar). "Pameran tersebut juga merupakan pendukung program Visit East Borneo Year 2009, sebagai upaya meningkatkan kepariwisataan di Kaltim khususnya di Kukar," ujar Kepala BPMD Kukar Abniansyah Utun belum lama ini.

Abniansyah menjelaskan, tema "Kutai Bangkit" tersebut diangkat tak lain untuk menunjukkan eksistensi Kukar sebagai pusat kerajaan Hindu tertua di Indonesia dan sebagai daerah yang mempelopori pelaksanaan Pemerintahan Otonomi, serta sekaligus merupakan daerah berpotensi sumberdaya alam yang melimpah.

Erau Expo 2009 mendatang akan menampilkan informasi tentang potensi dan peluang investasi serta peluang pasar yang dimiliki daerah serta berbagai perkembangan kemajuan pembangunan di daerah selama ini. Selain itu juga diselenggarakan bazar dari beberapa kelompok peagang dan Usaha Kecil Mandiri (UKM) serta UMKM. Peserta Erau Expo 2009 itu terdiri dari beberapa kelompok yaitu, Pemda Kabupaten/Kota Se Kaltim, BUMD/Perusda, Biro Perjalanan Wisata, Perusahaan di Kukar, Bank dan Kelompok UKM/UMKM.

Dikatakannya, pameran yang bertepatan dengan penyelenggaraan Erau 2009 juli mendatang itu tempat pelaksanaannya memiliki dua alternative yaitu, di lapangan parkir gedung Puteri Karang Melenu atau di kompleks olahraga Kukar Tenggarong Seberang. "Mengingat waktu pelaksanaan Erau Expo 2009 relatif dekat, kiranya pameran kali ini lebih difokuskan pada peserta dari dalam porovinsi Kaltim, namun tak menutup kemungkinan terdapat peserta dari luar Kaltim," pungkasnya.

Berkaitan dengan pameran tersebut, Badan Penelitaian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kukar juga berpartisipasi akan membuat stand pameran disekitar lokasi Expo 2009. "Kami sudah mempersiapkan beberapa materi untuk memeriahkan Erau Expo 2009 nanti," ujar kepala Balitbangda Kukar, Otoy Usman.

Materi yang akan ditampilkan Balitbangda antara lain pameran buku-buku hasil penelitian, diantaranya penelitian bidang Sosial kemasyarakatan, Ekonomi, Sumberdaya Alam, dan penelitain bidang pemerintahan. Photo-photo kegiatan Balitbangda, Pameran yangberkaitan dengan pengembangan dan sosialisasi Iptek dan karya Ilmiah Kukar, Pameran Buletin Gerbang Balitbangdaku dan Jurnal Etam serta Pameran buku-buku hasil kegiatan Dewan Riset Daerah (DRD).

Seperti halnya Balitbangda, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kukar juga akan berpartisipasi membuat stand pameran di sekitar Expo itu. Balitbangda akan menampilkan materi Himpunan para pembuat kue tradisional, Himpunan para pengrajin suvenir, pameran produk koperasi dan UKM serta produk komoditi expor dan produk ekonomi kreatif. (hmp03)

Sumber: http://www.sapos.co.id 2 Juni 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts