Pulau Kembang, Sisi Lain Wisata di Banjarmasin

Banjarmasin, Kalsel - Seusai Anda menikmati Pasar Terapung, biasanya pendayung perahu klotok tidak langsung mengajak kembali ke Dermaga Kuin. Mereka akan menawarkan Anda lokasi wisata Banjarmasin yang tak kalah terkenal dan menarik, Pulau Kembang, Kabupaten Barito.

Bila Anda setuju, maka perjalanan dari Pasar Terapung akan menuju Pulau Kembang, yang membutuhkan waktu sekira 20 menit. Pulau tersebut adalah kawasan hutan wisata yang merupakan satu-satunya kawasan hutan, berstatus taman wisata di Kalsel. Letaknya di tengah Sungai Barito, berhadapan dengan muara Sungai Kuin.

Di pulau ini, terdapat beberapa fasilitas sederhana seperti shelterperistirahatan, dermaga, jalan setapak, pasar dan warung terapung yang menjual panganan dan minuman. Selain itu, bisa juga dijumpai Klenteng, yang biasa digunakan masyarakat etnis Cina.

Satwa di Pulau Kembang, didominasi kera abu-abu (macaca fascicularis) yang cukup jinak, sejumlah lutung (presbytis cristata), dan sedikit bekantan (nasalis larvatus). Floranya didominasi jenis jingah (bluta renghas) dan pohon pidada (sonneratia caseolaris).

Mendekati Pulau Kembang, telah banyak kera nongkrong di dermaga. Para kera menunggu perahu wisatawan atau peziarah yang datang, untuk kemudian mencuri bahan makanan dari dalam perahu. Pemandangan di Pulau Kembang, sekilas mengingatkan Anda pada pemandangan di Sangeh, Bali. Perbedaannya mungkin pada tingkat kejinakan kera. Di Pulau Kembang, kera-keranya lebih jinak, dan tidak mencuri benda pribadi milik Anda, kecuali makanan. Nikmati pesona unika ini hanya di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. (M. Khazali)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com 25 April 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts