Tradisi Bakar Tongkang, dari Ritual ke Wisata

Indragiri Hilir, Riau - Kegiatan ritual Bakar Tongkang yang dilakukan masyarakat Tionghoa di Bagansiapi-api, Kabupaten Indragiri Hilir, kini sudah masuk sebagai kalender wisata nasional. Tahun ini kegiatan tersebut akan digelar 9 Juni 2009 mendatang. Even ini diperkirakan akan dihadiri banyak wisatawan baik dari dalam maupun dari luar negeri. "Bahkan tahun ini saya memperkirakan tamu yang menyaksikannya akan lebih banyak lagi," ungkap Asisten I Bidang Kesejahteraan Rakyat Setdakab Rokanhilir, Hamzah.

Dia mengatakan, selama ini 15 hari sebelum pelaksanaan ritual bakar tongkang Bagansiapi-api sudah didatangi tamu baik dari dalam maupun luar negeri. Ini tentunya membuat hotel-hotel di Bagansiapi-api dipenuhi tamu, bahkan selalu tidak tertampung lagi.

Untuk mengatasi masalah ini, pihaknya menghimbau kepada semua masyarakat Bagansiapi-api untuk membersihkan rumahnya sehingga para tamu tertarik menyewa kamar di rumah mereka. "Yang pasti kondisi ini harus bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," ungkapnya. Dia menyebutkan acara Bakar Tongkang ini akan digelar semeriah mungkin. Sebelum acara puncak, akan digelar berbagai perlombaan menarik, di antaranya lomba perahu kotak. Sedangkan di malam harinya diadakan pawai keliling kota Bagansiapi-api. (ad)

Sumber: http://www.riauinfo.com 12 Mei 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts