Wisatawan Belanda Diduga Terjangkit Flu Babi

Denpasar, Bali - Wisatawan asal Belanda Michelle van Derson (32) yang berwisata ke Bali diduga terjangkit flu babi (H1N1) dan kini tengah menjalani perawatan intensif di RSUP Sanglah, Denpasar, Bali. Michelle mendarat di Bandara Ngurah Rai menggunakan pesawat Malaysia Airlines MH 715. Pesawat Airbus 330 yang mengangkut 137 penumpang serta 12 awak ini mendarat pukul 12.45 Wita, Minggu (10/9). Pesawat yang diduga mengangkut penumpang diduga terjangkit flu H1N1 ini kemudian diparkir ke areal khusus (remote apron), yang berlokasi di sebelah ujung barat bandara yang terpisah dengan pesawat lainnya.

Sebelumnya saat masih di dalam pesawat, korban yang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur-Denpasar itu mengeluh mengalami sakit yang gejalanya mirip flu H1N1, yaitu demam dan nyeri tenggorokan. Kondisinya tersebut disampaikan kepada kapten pilot pesawat. “Keluhannya kemudian dilaporkan oleh kapten pilot kepada petugas bandara,” kata General Manajer PT Angkasa Pura I Ngurah Rai Heru Legowo kepada wartawan di Bandara Ngurah Rai, Minggu (10/5).

Sesaat setelah pesawat terparkir, petugas kesehatan bandara bergegas masuk ke dalam pesawat untuk mengevakuasi Michelee dan melarikannya ke RSUP Sanglah. Ratusan penumpang lainnya dibekali dengan masker. Di RSUP Sanglah, Michelle menjalani perawatan di ruang Isolasi Nusa Indah. Michelle menjalani pemeriksaan secara khusus karena ia memiliki riwayat berasal dari negara yang sudah dinyatakan positif terjangkit flu H1N1.

Dari hasil pemeriksaan klinis sementara, sakit Michelle dinyatakan tidak mengarah ke flu H1N1. Pasien kemudian diberikan tamiflu. “Suhu tubuhnya 36,9 derajat Celcius, nadi 62 kali per menit, tensi darah 110, nafas 20 kali per menit serta tidak mengalami gangguan pada paru-parunya,” kata Ketua Tim Penanggulangan Virus H1N1 RSUP Sanglah dr Agus Somia SpPD di RSUP Sanglah.

Untuk mengetahui secara pasti penyakit pasien, sampel darah dan swap atau hapusan tenggorokannya akan diteliti di Balai Veteriner di Bogor, Jabar. Pasien juga akan menjalani pemeriksaan VCR (Visual Conversion Reaction) dan serologi. (dtc)

Sumber: http://www.analisadaily.com 12 Mei 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts