Anies: Kekuatan Musik Melayu pada Syairnya

Jakarta - Cendikiawan Indonesia Anies Baswedan mengatakan kekuatan musik Melayu tidak hanya pada harmoninya pada lirik-liriknya oleh sebab itu musik tersebut gampang diterima pendengarnya.

"Di dalam musik ada syair, syair itu yang bisa masuk ke alam sadar kita. Pada musik Melayu kekuatannya ada pada syair. Syair-syairnya memiliki pesan moral, kehidupan, keindahan alam," kata Anies saat konferensi pers Jakarta Melayu Festival di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan pesan-pesan itulah yang harusnya terus disampaikan dan dibesarkan kepada masyarakat.

Untuk terus melestarikan dan mengembangkan musik Melayu maka perlu bantuan dari generasi muda, dia pun mengatakan sebaiknya anak dari sejak kecil sudah diperdengarkan musik lokal.

"Mengenalkan genre musik kepada anak sejak dini itu penting, kelihatannya sepele tetapi ini sangat berpengaruh. Misalnya setiap orang tua mengantarkan anaknya pergi ke sekolah maka musik-musik yang didengar anak selama perjalanan itu akan menjadi dasar menyukai musik tersebut," kata Anies.

Dia mengatakan pada saat sudah besar, dampak pada anak tersebut akan luar biasa, tidak hanya melestarikan anak tersebut juga bisa mengembangkan musik yang telah dia dengar sejak kecil.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign