Bantimurung Diserbu Wisatawan

Maros, Sulawesi Selatan - Hari terakhir liburan Idul Adha, Minggu (29/11) kemarin, dimanfaatkan ribuan warga untuk mengunjungi sejumlah tempat hiburan dan rekreasi.

Kawasan permandian alam Bantimurung, Maros misalnya, diserbu ribuan warga dari sejumlah daerah, Minggu kemarin. Mereka berbondong-bonding memadati kawasan wisata yang terkenal dengan sejuta kupu-kupunya itu sejak pagi hingga sore hari.

Menurut salah seorang petugas yang ditemui di lokasi tersebut, ribuan pengunjung itu datang dari sejumlah daerah di Sulawesi Selatan hingga Sulawesi Barat.

"Mereka menghabiskan liburan lebarannya hari ini (Minggu kemarin, red) di Bantimurung," terang Anwar H Nompo, Koordinator Layanan Bantimurung, siang kemarin.

Ditambah Anwar, kalau kepadatan pengunjung permandian alam itu sudah terlihat sejak Idul Adha, Jumat 27 November lalu dan terus bertambah hingga Minggu kemarin dengan jumlah pengunjung menyentuh angka 22 ribu orang. Namun pengunjung terbanyak Minggu kemarin dengan data per pukul 16.00 Wita sudah mencapai 11 ribu orang.

Jumlah pengunjung Idul Adha melonjak dua kali lipat dibandingkan Idul Fitri lalu yang hanya berkisar 10 ribuan pengunjung. Begitu juga dengan omzet yang diperoleh pengelola Bantimurung yang naiknya mencapai dua kali lipat. Setidaknya, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Maros akan mengalami tambahan di liburan Idul Adha ini sekitar Rp200 juta dari sektor wisata Bantimurung. "Kalau Idul Fitri lalu, kami hanya peroleh Rp100 juta. Mungkin itu dipengaruhi liburan Idul Adha begitu singkat dibandingkan Idul Fitri. Selain itu, dikarenakan PNS libur sampai tiga hari," ungkap Anwar.

Namun pengunjung Bantimurung siap-siap merogoh kocek dalam-dalam. Itu menyusul rencana Pemkab Maros yang akan menaikkan harga tiket masuk ke kawasan tersebut sebesar 100 persen dari harga semula.

Kenaikan harga tiket dari Rp5.000 untuk dewasa menjadi Rp10.000 itu baru direncanakan 2010 mendatang. "Harga baru itu mulai diberlakukan begitu perda baru tentang kenaikan harga tiket masuk tersebut diberlakukan 2010 mendatang," ucap Anwar. (M1)

-

Arsip Blog

Recent Posts