Dubes Singapura Kagumi Ternate

Ternate, Malut - Duta besar Singapura untuk Indonesia, Ashok Mirpuri menyatakan kekagumannya pada keindahan objek wisata di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut). Kekaguman Dubes Singapura tersebut disampaikan kepada wartawan saat mengunjungi objek wisata benteng Tolucco, salah satu peninggalan Portugis di kawasan Toloku, Rabu (16/3/2011).

Dubes Ashok Mirpuri yang baru pertama kali berkunjung ke Ternate itu berjanji akan menyampaikan keindahan objek wisata di Kota Ternate ini kepada masyarakat di negaranya, agar mereka dapat tertarik berkunjung ke daerah ini. "Sudah lama saya mengetahui keberadaan Ternate sebagai penghasil rempah-rempah dan bekas jajahan Portugis dan Belanda. Saya sudah ingin berkunjung ke sini, dan baru kali ini terealisasi," katanya.

Dubes Singapura tersebut akan berada di Malut selama tiga hari hingga Jumat (18/3/2011). Selama di Malut, Ashok akan mengunjungi berbagai peninggalan sejarah di daerah ini, serta melakukan pertemuan dengan pemda setempat.

Ia juga akan melakukan pertemuan dengan Sultan Ternate, Mudaffar Syah di Kedaton Kesultanan Ternate, untuk mendapatkan gambaran mengenai kebudayaan dan daerah ini. Dubes Ashok juga akan berkunjung ke Kota Tidore Kepulauan untuk melakukan pertemuan dengan pemda setempat sekaligus mengunjungi sejumlah objek wisata sejarah peninggalan Spanyol di daerah tersebut.

Dubes Singapura saat tiba di Bandara Babullah Ternate, Rabu siang disambut dengan tarian Soya-Soya, salah satu tarian tradisional Malut yang biasa ditampilkan dalam setiap penyambutan tamu-tamu penting yang berkunjung ke daerah ini.

Sementara itu Wakil Wali Kota Ternate Arifin Jafar mengatakan, kehadiran Dubes Singapura tersebut akan dimanfaatkan Pemkot Ternate untuk mempromosikan potensi pariwisata Kota Ternate, khususnya potensi budaya peninggalan sejarah.

Dubes Singapura tersebut diharapkan bisa menginformasikan mengenai potensi investasi dan pariwisata Kota Ternate kepada masyarakat Singapura, sehingga masyarakat di sana dapat tertarik berkunjung ke Kota Ternate. Beberapa waktu lalu, ada investor Singapura yang tertarik membangun industri perikanan di Kota Ternate, kehadiran Dubes Singapura tersebut diharapkan bisa mendorong investor bersangkutan untuk merealisasikan investasinya di Kota Ternate.

-

Arsip Blog

Recent Posts