Joop Ave: Paling Cocok Ekonomi Kreatif

Yogyakarta - Mantan Menparpostel Joop Ave menyebutkan bahwa ekonomi kreatif paling cocok untuk bangsa Indonesia. Ia mengungkapkan hal tersebut dalam sambutannya di acara penutupan rangkaian Wisdom di Universitas Gajah Mada (UGM), Rabu (8/12/2010). Wisdom 2010 berlangsung 6-8 Desember.

Joop Ave menceritakan pengalamannya di Bali beberapa hari yang lalu. Ia kaget melihat kerajinan tangan yang dijual, karena banyak memiliki kreasi baru.

Sehubungan dengan acara Wisdom 2010, ia juga mengatakan acara tersebut menjadi batu loncatan World Culture Forum di Bali pada tahun 2012. World Culture Forum merupakan acara global yang penting.

Joop Ave juga memuji Universitas Gajah Mada karena berhasil menyelenggarakan acara kelas dunia, Wisdom 2010. Apalagi UGM berhasil mengumpulkan 30 universitas yang ada di Indonesia.

Ia berharap Wisdom 2010 dapat berkelanjutan. "Acara ini untuk anak Anda, keluarga Anda. Kita hadir di sini untuk memikirkan masa depan," katanya.

Selama tiga hari diskusi yang intensif telah dibangun untuk mencari solusi-solusi permasalahan global yang berhubungan dengan sains, pendidikan dan kebudayaan dengan pendekatan kearifan lokal. Dalam kesempatan lain, Joop Ave mengatakan kepada Kompas.com, bahwa 25 tahun yang lalu di tempat yang sama diadakan suatu acara kebudayaan hasil kerja sama dengan UGM.

"Waktu itu saya Dirjen Pariwisata. Saya lahir di Yogya dan berpikir what can I do for Yogya, masa hanya keraton, masa hanya Prambanan," katanya.

Menurut Joop, Yogya memiliki lebih dari 100 universitas, jadi gudangnya otak. Karena itu ia memutuskan untuk bekerja sama dengan UGM di bidang kebudayaan.

-

Arsip Blog

Recent Posts