Menyambut Babel Archi 2010, Promosi Harus Gencar

Pangkalpinang, Babel — Menyambut Visit Babel Archipelago 2010, berbagai upaya harus dilakukan. Pasalnya, pelaksanaan program dari Gubernur Babel tersebut tinggal enam bulan lagi. Hingga sekarang persiapan dari pemprov sendiri belum terlihat. Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pangkalpinang Akhmad Elvian mengatakan, terkait Babel Archi 2010 pihaknya diminta oleh provinsi sebagai icon kelender tetap. “Di Pangkalpinang itu ada empat even besar yakni Cheng Beng, Peh Cun, Pekan Wisata Expo Pangkalpinang Fair dan Festival Budaya Pangkalpinang,” jelas Elvian.

Selain itu, Pemkot Pangkalpinang juga telah menyiapkan tujuh ruko untuk tempat pembelian souvenir. Hanya saja, sejauh ini persiapan Babel Archi 2010 dari pihak provinsi belum terlihat. “Babel Archi merupakan program provinsi, kita hanya mendukung saja. Sejauh mana persiapannya, provinsi sudah harus gencar mempromosikan Babel Archi,” tegasnya.

Padjok Siregar, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel mengatakan, menyambut Babel Acrhi 2010 sebenarnya gubernur telah meminta seluruh kabupaten/kota agar menyediakan bus pariwisata untuk digunakan akses transportasi menuju daerah tujuan wisata di Babel. Selain itu, gubernur mengimbau supaya jalan-jalan protokol dihijaukan serta mensoalisasikan sapta pesona dan peta kota. “Untuk seluruh kabupaten/kota, gubernur telah mengeluarkan surat himbauan ke bupati dan walikota agar menyediakan bus pariwisata untuk digunakan ke daerah tujuan wisata,” ujar Padjok, ditemui Bangka Pos Group, Kamis (11/6).

Terkait persiapan menyambut Babel Archi 2010, Padjok menjelaskan, saat ini Disbudpar Babel melakukan evaluasi persiapan. Persiapan evaluasi tersebut, tidak hanya mengenai Babel Archi 2010, tetapi juga menyambut HUT Provinsi Babel ke-9. “Selasa pekan depan akan dilakukan evaluasi persiapan Visit Babel Archipelago 2010 di Kantor Gubernur Babel,” kata Padjok.

Rencananya, persiapan melibatkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk dibagi tugas sesuai bidanya. Seperti Dinas Perhubungan, bertanggung jawab soal transportasi menuju tempat objek wisata. “Persiapan melalui rapat evaluasi Babel Archi 2010 pekan depan merupakan yang kedua kalinya dilakukan,” ungkap Padjok. Padjok menambahkan, persiapan menuju Babel Archi 2010 sebenarnya sudah dilakukan pertemuan dengan Himpunan Pramuwisata Indonesia Babel, Badan Pengembang Promosi Pariwisata Daerah, PHRI Babel, Asita Babel dan seluruh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata tingkat kabupaten/kota. (spa)

Sumber: http://cetak.bangkapos.com 15 Juni 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts