Museum Gunung Api Merapi Dibuka Lagi

Yogyakarta - Museum Gunung Api Merapi di Dusun Banteng, Desa Hargoginangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, dibuka kembali mulai Selasa (21/12) setelah sempat ditutup terkait meletusnya Gunung Merapi beberapa waktu lalu.

"Pembukaan kembali Museum Gunungapi Merapi (MGM) menjelang liburan sekolah, natal dan tahun baru pada saat ini merupakan momen yang tepat," kata Kepala Seksi Dokumentasi dan Informasi Pariwisata Disbudpar Sleman Wasita.

Menurut Wasita, bencana erupsi Gunung Merapi beberapa waktu lalu memang tidak berdampak secara langsung terhadap bangunan fisik MGM yang berlokasi sekitar delapan kilometer dari puncak Merapi.

"Lokasi MGM relatif aman terhadap akibat langsung aktivitas Gunung Merapi dengan keberadaan bukit Plawangan di Kaliurang," katanya.

Wasita menambahkan, sangat tepat MGM mulai dioperasionalkan kembali menjelang liburan sekolah, natal dan tahun baru karena dengan dibukanya kembali MGM maka wisatawan baik lokal, luar daerah maupun mancanegara akan memiliki alternatif utama selain volcano tour di lereng Merapi pascaerupsi.

"Selain menyajikan informasi lengkap tentang kegunungapian skala nasional dan dunia serta mitigasi bencana juga nantinya disajikan koleksi terbarunya yakni dua buku tamu juru kunci Gunung Merapi Ki Surakso Hargo atau Mbah Maridjan dan salinan ̢۪layang kekancingan̢۪ dari Kraton Yogyakarta kepada Mbah Maridjan sebagai juru kunci Gunung Merapi," katanya.

Wisatawan yang berkunjung ke MGM juga sekaligus dapat menikmati dan melihat secara langsung panorama Gunung Merapi, tepatnya di lantai dua sebelah belakang.

"Ditempat tersebut juga disediakan teropong bagi wisatawan yang ingin memanfaatkannya. Ini yang selama ini belum banyak diketahui masyarakat umum," ujar Wasita. (Ant/*/X-13)

-

Arsip Blog

Recent Posts