Pagelaran Seni Budaya Bateng Bergambus 24 Jam Non Stop

Perlang, Babel – Pemerintah Bangka Tengah melalui Bateng Art Community, menggelar pentasan seni budaya, bergambus 24 jam non stop, sejak Jumat (10/12) Pkl 16.00 Wib hingga Sabtu (11/12) Pkl 16.00 Wib. Rangkaian kegiatan dimeriahkan oleh kehadiran H Rhoma Irama.

Lantunan suara bang Haji bersama Soneta Group berhasil memukau ribuan penonton yang memadati halaman sepak bola Perlang Kecamatan Lubuk Besar, Sabtu (11/12). Pegambus utama, Kusyadi dari kelompok gambus Seroja Group asal Kampung Dul Pangkalan Baru ditemani 9 kelompok gambus berhasil mencetak rekor MURI bergambur 24 jam non stop.

Bupati Bangka Tengah, Erzaldi Roesman, kepada Bangka Pos Group, menjelaskan bahwa potensi seni budaya tradisional di wilayah Bangka Tengah merupakan aset daerah yang harus dikembangkan. Karena itu, melalui pegelaran seni budaya bergambus 24 jam non stop ini, kiranya bisa memotivasi para pegambus untuk terus berekspresi di dunia seni budaya.

“Pemerintah bertanggung jawab untuk bersama para pegiat seni mengembangkan seni budaya yang ada dan hidup di wilayah Bangka Tengah. Karena itu, kita harapkan para pegiat seni berani berekspresi, menciptakan rekor-rekor yang bisa mengangkat prestasi seni budaya negeri selawang segantang,” ungkap Erzaldi.

Ketua Panitia, Suji Haryanto, sekaligus ketua Bateng Art Community, kepada Bangka Pos Group, di lokasi pagelaran seni menjelaskan kegiatan bergambus 24 jam non stop merupakan upaya untuk terus memotivasi dan membangkit seni budaya tradisional di wilayah Bangka Tengah.

“Acara ini sekaligus sebagai pemenuhan janji Bupati untuk kembali mendatangkan H. Rhoma Irama jika berhasil terpilih. Tetapi kita juga menggunakan momen ini untuk menciptakan rekor dalam seni budaya. Dan syukurlah, kita berhasil meraih rekor MURI dan mendapatkan langsung sertifikat rekor MURI bergambus 24 jam non stop,” ungkap Suji.

Suji mengharapkan agar ke depan, seluruh elemen masyarakat bisa bekerja sama mengembangkan potensi seni budaya di negeri selawang segantang. Dan rencananya, Bateng Art Community akan melakukan pagelaran seni masyarakat pesisir.

Bupati Bangka Tengah, Erzaldi Roesman, berkesempatan bergabung dengan kelompok musik memainkan alat musik untuk menghibur masyarakat. (j2)

-

Arsip Blog

Recent Posts