Warga Inggris Tersihir Angklung

London, Inggris - Pergelaran musik angklung interaktif dipandu Ika Widianingsih dari Saung Angklung Mang Udjo mendapat sambutan meriah dari undangan acara "Indonesia Gala Dinner" gedung Great Hall, Central Hall Westminster, London, Kamis malam. Indonesia Gala Dinner juga dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan seni dan peragaan busana karya Stephanus Hamy.

Acara itu digelar Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI bersama KBRI London, kalangan industri pariwisata, dan media masa pariwisata. Penampilan musik angklung di hadapan sekitar 300 undangan menjadi puncak acara yang dibuka Dubes RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia Yuri Oktavian Thamrin.

Menurut Dubes, wisatawan Inggris yang datang ke Indonesia tahun lalu mencapai 158 ribu dan beberapa di antaranya kembali berkunjung. Tahun 2009 target kunjungan wisatawan asal Inggris adalah 200 ribu orang.

Indonesia Gala Diner juga menampilkan Tari Neng Neng Der dari Jakarta sebagai pembuka acara dilanjutkan dengan tarian Dadas Panaluh dari Kalimantan serta tari Topeng Jauk dari Bali serta Tari Turang Beru Karo dari Sumatera Utara yang memukau para pengunjung.

Perancang lainnya yang menampilkan karya mereka adalah Yohanes Nyoman Suko Utomo,Korem Sihombing, I Ketut Suparna, Julianus Limbeng, Ahmad Kartaatmaja dan Pulumun Petrus Ginting. "It s very good," ujar John Bell , penulis pariwisata yang sudah sering datang ke Indonesia dan mengakui bahwa malam yang sangat berkesan baginya. (ant)

Sumber: http://oase.kompas.com 18 April 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts