Festival IMBT Mesti Dilestarikan

Muara Teweh, Kalteng - Anggota DPRD Kabupaten Batara, Henny Rosgiaty Rusli SP MM turut menyaksikan sejumlah pertunjukan festival budaya Iya Mulik Bengkan Turan (IMBT). Anggota Komisi B ini mengharapkan festival semacam itu menjadi sebuah even yang dilestarikan.

“Kegiatan tersebut dapat menggali, memasyarakatkan, mengembangkan serta melestarikan seni budaya tradisional Kabupaten Batara,” terang Henny, baru-baru ini. Anggota dewan dari daerah pemilihan (Dapil) I itu, menyambut baik terhadap penyelenggaraan festival budaya IMBT.

Henny mengutarakan, Kabupaten Batara memiliki keanekaragaman suku, adat istiadat, bahasa dan budaya. Lalu kekayaan khazanah seni budaya tradisional tersebut, hendaknya dapat menjadi suatu kebanggaan dan potensi yang mendukung didlaam pembentukan etika, budaya dan moral mayarakat Batara.

Kadisbudparpora Batara Ir Inriaty Karawaheni MAP disela festival menyampaikan, banyak olahraga tradisional yang dipertandingan. “Tujuan penyelenggaraan kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke 66 Kabupaten Batara,” ucapnya.

Selain itu, melestarikan dan mengembangkan seni budaya tradisonal yang ada di wilayah Batara, serta menumbuhkembangkan dan memerlihara rasa persaudaraan diantara peserta.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign