Mempopulerkan Sembagi, Pionir Motif Batik Khas Lampung

Bandarlampung, Lampung - Sembagi adalah salah satu motif batik khas Lampung yang paling populer dan khas dan telah dipelopori oleh desainer kenamaan Lampung Aan Ibrahim pada 1999 kini telah menjadi motif batik utama yang digemari masyarakat.

Menurut Aan Ibrahim, desainer dan pencetus motif batik Lampung, di Bandarlampung, Jumat, kini batik bermotif sembagi seolah menjadi simbol dan ikon batik khas Lampung.

"Saya ingin terus mengenalkan dan mempopulerkan batik khas Lampung termasuk sembagi, apalagi ornamen-ornamen khas kita kan banyak," ujar Aan Ibrahim lagi.

Dia menjelaskan, kebanyakan batik motif sembagi dipadukan dengan kebaya dan busana khas Lampung seperti sulam usus, bukan hanya dibuat menjadi kain.

Sembagi juga menjadi motif dasar seragam resmi pegawai negeri sipil (PNS) di Lampung yang bermotif batik.

Saat ini sembagi menjadi motif batik Lampung yang paling populer sekaligus yang paling menunjukkan identitas daerah Lampung.

Sebagai daerah yang tidak memiliki budaya membatik, budaya batik di Lampung cenderung muncul terlambat, baru pada akhir 1990-an warga Lampung memiliki motif batik khas daerah tersebut.

Aan Ibrahim merupakan desainer busana tradisi dan modern khas Lampung yang mempelopori keberadaan motif batik khas Lampung itu.

Motif batik khas Lampung sembagi itu adalah motif batik khas Lampung pertama yang dipatenkan, dengan ciri utama pada untaian bunga dan kembang kopi di sepanjang kain.

"Bunga dari salah satu komunitas unggulan Lampung itu, digabungkan dengan ornamen khas Lampung seperti gajah, perahu, dan siger sebagai mahkota adat khas Lampung," ujar Aan pula.

Motif batik khas Lampung sembagi pertama kali diluncurkan Aan Ibrahim pada 1999.

Dia mengakui menciptakan motif batik Lampung Sembagi berawal dari kegelisahan akan ketiadaan motif batik khas Lampung.

Menurut dia, perlu waktu hampir satu dekade baginya untuk mempopulerkan motif Batik Sembagi di kalangan penikmat busana.

Kini setelah lebih dari satu dekade sembagi menjadi motif batik khas yang paling populer di Lampung dan dikenal sebagai batik khas Lampung.

Novrizal pecinta batik khas Lampung mengaku kagum dengan motif Batik Sembagi itu. "Saya pertama lihat ternyata luar biasa motif Batik Sembagi itu," ujarnya lagi.

Copyright 2009 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign