Berastagi dan Tongging Dipadati Pelancong

Berastagi, Sumut - Ribuan wisatawan memadati kawasan pariwisata daerah pegunungan di Berastagi dan Tongging, Kabupaten Karo, di utara Danau Toba, dalam menyemarakkan liburan Hari Raya Idul Fitri. Kehadiran wisatawan itu terlihat sejak awal Lebaran dengan meningkatnya arus kendaraan pribadi, bus, dan sepeda motor dari arah Medan. Sedangkan puncak kehadiran wisatawan terlihat Selasa (22/9) sore.

Akibatnya, arus lalu lintas di jalan protokol Kota Berastagi sempat macet seperti di kawasan Tugu Perjuangan Berastagi dan seputaran Bioskop Ria. Namun macet tidak berlangsung lama setelah Kapolres Tanah Karo bersama Kasat Lantas AKP M Saleh bekerja keras bersama anggotanya yang telah disiagakan di beberapa titik dan memasang traffic control. Selain itu, tingkat hunian hotel berbintang, hotel Melati, bahkan villa-villa pribadi melonjak dibanding seminggu sebelumnya.

Hal ini diungkapkan petugas reseption salah satu penginapan di Jalan Veteran Berastagi, Anita Br Karo, tadi malam. Menurutnya, membludaknya tingkat kunjungan wisnu ke daerah pegunungan sudah diprediksi sebelumnya, terlebih lagi libur kali ini lebih panjang. Keadaan yang sama juga terlihat di penginapan di Desa Wisata Tongging, sebelah utara Danau Toba yang berjarak 40 km dari Berastagi. Dari 4 penginapan, dua di antaranya sudah mengalami lonjakan dibanding dengan hari biasa.

Di objek wisata Desa Tongging, para pengunjung memanfaatkan liburan sambil memancing, berenang, melihat keindahan alam pedesaan di tepi Danau Toba, dan mengunjungi air terjun Sipiso-piso dari pinggir bukit. Sedangkan dari Berastagi dilaporkan, wisatawan kembali ke tempatnya masing masing setelah menghabiskan waktunya seharian mengunjungi objek wisata Gundaling, Tahura dan mandi air panas belerang di Desa Semangat Gunung dan Pasar Buah Berastagi. (dat02/waspada)

-

Arsip Blog

Recent Posts