Berkat Perahu Naga, Nama Tanjungpinang Berkibar di Ceko

Tanjungpinang, Kepri - Nama Tanjungpinang kini bergema kencang di Praha, Republik Ceko. Ini menyusul dilaksanakannya even tahunan perlombaan perahu naga (Prague Dragon Autumn) di Sungai Vlatava, Praha. Dalam even yang sudah dilaksanakan rutin sekitar 11 tahun itu, untuk pertamakalinya dipertandingkan nomor baru untuk memperebutkan Tanjungpinang Cup, selain 2 nomor lainnya yang sudah dilaksanakan sejak sebelumnya, yaitu Corporate Cup dan Agilda Cup.

Perlombaan di kelompok Corporate Cup ditujukan untuk pedayung yang belum profesional. Sedangkan di kelompok Tanjungpinang Cup dan Agilda Cup khusus untuk pedayung-pedayung yang sudah profesional. Lomba tersebut, kata Koordinator Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Sumatera, Safril Sembiring, Sabtu (25/9), dilaksanakan 11 September–12 September dan diikuti oleh 22 regu dari 2 negara di Eropa serta Indonesia. ”Lomba tahunan di Praha tahun ini terasa istimewa karena nama Tanjungpinang berkibar di sana melalui 2 perahu naga yang diberi nama, Gurindam dan Pantun,” kata Safril.

Kedua perahu naga itu diberi nama Pantun dan Gurindam, ujar Safril, karena memang berasal dari Tanjungpinang yang dihibahkan ke Ceko. Nama Ceko muncul dalam even tahunan Lomba Perahu Naga di Tanjungpinang tahun 2008. Saat itu, tim Ceko menurunkan tim utuh yang terdiri dari pria dan wanita. Mereka begitu terkesan dengan lomba perahu naga di Kota Gurindam Negeri Berpantun ini, dan juga terkesan dengan perahu naga yang digunakan. ”Pemberian nama Tanjungpinang Cup dan perahu naga, Gurindam serta Pantun, itu merupakan tanda persahabatan warga Ceko kepada Pemko dan warga Kota Tanjungpinang. Piala Tanjungpinang Cup ini untuk pertamakalinya diraih oleh tim Drachen dari Jerman,” terang Safril. (git)

-

Arsip Blog

Recent Posts