Pantai Lasiana Dipadati Pengunjung Kota Kupang

Kupang, NTT - Obyek wisata Pantai Lasiana dan obyek wisata alam Baumata yang berada sekitar 12 km sebelah timur dan selatan Kupang, Senin (21/9), atau sehari setelah Idul Fitri 1430 H, diserbu pengunjung. Para pengunjung yang umumnya datang dari ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur itu memilih Lasiana dan Baumata untuk melepas lelah bersama keluarga mengisi liburan lebaran. Sejak pukul 08.00 hingga 16.30 Wita, sedikitnya 300 pengunjung memadati Pantai Lasiana yang berpasir putih.

Katharina Rosina (38), salah seorang pengunjung di Pantai Lasiana mengatakan, ia bersama keluarga berkunjung ke obyek wisata tersebut untuk berekreasi mengisi liburan panjang. "Jenuh juga tinggal terus di rumah. Mumpung hari libur, saya bersama keluarga ingin melepas lelah sekaligus menikmati pemandangan alam pantai di Lasiana ini," katanya. Hal serupa dikemukakan Hajah Jumina, warga Kecamatan Maulafa, Kota Kupang. "Kami sekeluarga memutuskan untuk tidak mudik lebaran ke kampung halaman di Pamekasan, Jawa Timur, dan hanya melakukan kunjungan ke tempat wisata. Dan kebetulan obyek wisata Lasiana lebih dekat dan mudah untuk menjangkaunya," katanya.

Untuk menjangkau obyek wisata Lasiana dari Kupang hanya dibutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit, karena jaraknya hanya sekitar 12 km dari pusat kota. Pengelola obyek wisata Pantai Lasiana, Daud Umbu Kaleka, mengatakan, selama masa libur Lebaran, Pantai Lasiana mengalami peningkatan pengunjung, jika dibandingkan dengan jumlah pengunjung pada hari biasa tidak, selama ini. "H-1 dan H+2 obyek wisata ini diserbu pengunjung. Akibatnya, terjadi lonjakan pengunjung pada tiga hari belakangan ini," katanya. Ia mengatakan, jika hari biasa pengunjung obyek wisata Pantai Lasiana ini berkisar hanya 50-100 orang. Dalam tiga hari belakangan ini terutama pada H-1, puncak dan H+1 Lebaran terjadi lonjakan pengunjung antara 200-300 orang.

Secara terpisah, Joni Mesakh, penjaga pintu masuk obyek wisata Pantai Manikin, yang terletak di Kelurahan Tarus, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang ini mengaku selama tiga hari terakhir masa liburan diserbu oleh pengunjung yang datang dari berbagai tempat di sekitar Kota Kupang untuk menikmati indahnya Pantai Manikin. Demikian pun halnya dengan objek wisata alam Baumata yang dilengkapi pula dengan kolam renang di tengah hutan. "Jika hari-hari biasa jumlah pengunjung yang mendatangi Pantai Manikin berkisar antara 50-70 orang, pada liburan kali ini jumlah pengunjungnya terus bertambah antara 200-250 orang," katanya. (MSH)

-

Arsip Blog

Recent Posts