Aspek Kebersihan Pariwisata Masih Dinilai Baik oleh Wisman

Jakarta - Kebersihan sebagai salah satu aspek pendukung kepariwisataan di tanah air masih dinilai baik oleh wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Indonesia. Hasil survei PES 2007 (Passenger Exit Survey) atau Pendataan Profil Wisman tahun 2007 menyebutkan, sebelum datang ke Indonesia, wisman memberikan persepsi baik sebesar 21,48% atau lebih rendah dibanding setelah mereka datang yang mencapai 25,49%.

Sementara itu, untuk penilaian dengan kategori sedang mencapai angka persentase lebih besar. Sebelum wisman datang, persepsi mereka terhadap aspek kebersihan dengan kategori sedang mencapai 47,85%, sedangkan sesudah datang persepsi itu sedikit menurun menjadi 39,65%.. Dengan demikian persepsi wisman terhadap aspek kebersihan dalam kategori baik dan sedang mencapai angka 65,14%., sedangkan untuk persepsi sangat baik (4,67%), buruk (24,09%), dan sangat buruk (6,10%).

Persepsi wisman terhadap aspek kebersihan untuk kategori baik dan sedang tahun 2007 yang mencapai angka 65,14% tersebut tidak banyak mengalami perubahaan dibanding hasil survei PES 2006, yang menyebutkan persepsi wisman terhadap aspek kebersihan untuk kategori baik sebesar 29,19% dan sedang 40,03%.

Kegiatan Passenger Exit Survey tahun 2007 dilakukan di delapan pintu masuk wisman yakni bandara Soekarno-Hatta, Ngurah Rai, Polonia, Juanda, Sam Ratulangi, Sepinggan, Batam, dan Entikong. Survei tersebut dilakukan dalam dua tahap, tahap pertama dengan menggunakan sampel responden sebanyak 4.520 dan tahap kedua sebanyak 5.420 sampel dengan hasil pengelolaan mencapai 99,96%.

Sumber: www.budpar.go.id (28 Maret 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts