Festival Budaya Indonesia di Museum Horniman London

London, Inggris - Tari NengNeng Der dari Jakarta membuka acara festival Budaya Indonesia yang diadakan di Galery, Horniman Museum & Gardens, Rabu sore. Festival budaya yang digelar KBRI London bekerjasama dengan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI dihadiri Dutabesar RI untuk kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia dan Ny Sandra Thamrin serta Dirjen Pemasaran Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Sapta Nirwandar.

Acara yang berlangsung di sore hari musim semi kota London itu menarik ratusan pengunjung museum yang membawa anak-anak dan orang tua juga digelar nyanyian dan kuis yang disampaikan pembawa acara Sarah Sechan. Apa warna bendera Indonesia,? tanya Sarah Sechan yang pernah menetap lama di London yang mengikuti ayahnya yang dulu bekerja di Bank Bumi Daya cabang London. Selain itu Sarah juga bertanya nama ibukota Indonesia dan siapa yang bisa mengeja nama Indonesia dengan benar memperoleh hadiah goody back yang berisi sovenir.

Dalam acara festival Indonesia juga dipamerkan perhiasan dari Mutumanikam tidak saja dihadiri masyarakat Indonesia yang berada di Inggris tetapi juga undangan dan pengunjung museum yang cukup ramai bertepatan dengan liburan Paskah yang dengan antusias menyaksikan hiburan yang khusus datang dari Jakarta.

Acara kesenian berupa tari NengNeng Der yang dilanjutkan dengan tarian Dadas Panaluh dari Kalimantan serta tari Topeng Jauk dari Bali serta Tari Turang Beru Karo dari Sumatera Utara memukau pengunjung yang ikut beroget bersama.

Festival budaya itu juga menampilan beberapa lagu yang dinyanyikan Ika Widianingsih mendapat sambutan meriah. Para penari yang khusus didatangkan dari Jakarta diataraya Ni Nyoman Fefi Suciarthasih, Lisa Setiawati Sahuri, Asti, Nani Sumarni, Nofrita Avisena, Wenny Nuraeni Nopella Putri, selain ini seniman Yohanes Nyoman Suko Utomo,Korem Sihombing, I Ketut Suparna, Julianus Limbeng, Ahmad Kartaatmaja dan Pulumun Petrus Ginting.

Horniman Museum yang juga merupakan tempat rekreasi keluarga yang sangat menarik bagi anak dengan berbagai aktivitas. (Ant)

Sumber: http://oase.kompas.com 17 April 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts