Budaya dan Wisata Indonesia Dipamerkan di Hungaria

Budapest, Hungaria - "Indonesian Day" mempromosikan produk Indonesia, pameran wisata dan budaya dengan menampilan tari serta musik tradisional digelar KBRI Budapest di gua raksasa Aggtelek Hungaria yang panjangnya 37 km di antaranya lima km menjorok ke wilayah Slovakia. Pagelaran "Indonesian Day" yang digelar di festival Internasional Gomor Torna juga diisi ceramah Dubes RI untuk Hungaria, Mangasi Sihombing, dihadiri sejumlah warga Slovakia yang berada di perbatasan dengan Hungaria berjarak kurang dari satu km dari pintu Gua Aggtelek.

Sekretaris III, Pensosbud KBRI Budapest Patricia L.L.L. Silalahi, Sabtu, mengatakan, Festival Internasional Gomor Torna diikuti 40 kelompok seni dan budaya dari Hungaria, Indonesia, dan Slovakia berlangsung hingga 2 Agustus 2009. Dikatakannya, pameran produk Indonesia diadakan di Hotel Cseppko berjarak 500 meter dari mulut gua Aggtelek digelar KBRI Budapest bersama Indonesian Trade Promotion Center yang mendapat dukungan importir Hungaria. Produk-produk yang dipamerkan antara lain, kerajinan tangan, mebelair, produk makanan olahan serta sampel, tenunan dan brosur produk unggulan lainnya.

Selain pameran produk komoditi juga diadakan pameran foto wisata yang diresmikan Dubes Mangasi Sihombing bersama Salamon Gabor, Direktur Aggtelek National Park. Sekitar 300 undangan termasuk Walikota Rudabanya menyaksikan acara kesenian yang menampilkan tari dan musik dibawakan sanggar KBRI di panggung konser yang tersedia dalam gua. Sebanyak 15 anggota Sanggar KBRI menampilkan musik dan tari tradisional seperti Tortor Tandok dari Sumatra Utara, Tari Rantak dari Sumatera Barat dan Tari Jaipongan Ronggeng Beken dari Jawa Barat yang memukau pengunjung.

Sementara musik tradisional Indonesia yang ditampilkan antara lain Degung Sunda dari Jawa Barat, Gamelan Rindik dari Bali serta Gondang Batak dari Sumatera Utara. Direktur Taman Nasional Aggtelek meyampaikan penghargaan kepada pimpinan Sanggar Martozet,M.A serta anggota Hardianingsih, Veronika Kiss, Melinda Totin, Nemeth Andi, Diana Zsinka, Yanti Marton dan Ukda Nassarudin, Peter Szilagyi, Marton Szatay, Nemeth Gabor, Andras Terfy, Agus Rohman, Jarot Raharjo dan Yudhi Gunawan dengan menyerahkan sertifikat.(antara)

-

Arsip Blog

Recent Posts