Marawola Siap Kembangkan Wisata Air Terjun

Marawola, Sulteng - Kecamatan Marawola, Sulawesi Tengah, sepertinya tak mau ketinggalan start. Untuk menindaklanjuti program Pemkab Sigi yang mendorong masing-masing kecamatan unggul dalam pemanfaatan potensi wilayahnya maka Kecamatan Marawola pun mulai merencanakan pengembangan potensi wisata air terjun di daerah tersebut.

Wisata air terjun yang terletak di Desa Lebanu Kecamatan Marawola, dalam waktu dekat akan dirumuskan oleh pihak kecamatan mengenai sistem pengelolaannya. Potensi air terjun di desa tersebut sangat menjanjikan apabila pengelolaannya dilakukan dengan baik. “Pihak kecamatan sudah merencanakan teknis pengelolaan air terjun di Desa Lebanu. Sebelum menjadi obyek wisata yang ramai dikunjungi, tentunya pengenalan terhadap obyek wisata air terjun itu adalah hal yang tidak bisa dikesampingkan,`` kata Camat Marawola Drs Muhammad Nuim Hayat, Kamis (25/6) lalu.

Akses transportasi, baik roda dua maupun roda empat sangat mendukung untuk sampai ke obyek wisata air terjun Lebanu. Sebagai langkah pengenalan terhadap obyek wisata itu, pihak kecamatan berencana akan menggagas kegiatan kemah bersama. Kemungkinan besar, selain melibatkan masyarakat setempat, kemah bersama juga akan mengundang kecamatan-kecamatan di Kabupaten Sigi untuk ikut berpartisipasi.

Kata mantan Camat Kinovaro ini, akan memberi dampak positif bagi masyarakat Lebanu jika air terjun di desa tersebut menjadi daerah kunjungan wisata. Warung-warung akan didirikan di sekitar lokasi air terjun, di mana pengelolaannya diutamakan masyarakat setempat. Jika sudah berkembang, tinggal bagaimana menggugah rasa memiliki masyarakat setempat untuk tetap menjaga lokasi wisata. “Peluang untuk memberi lapangan pekerjaan baru kepada warga terbuka lebar. Wisata air terjun di Lebanu cuku menjanjikan,`` kata Nuimhayat optimistis. (fri)

Sumber: http://www.radarsulteng.com 29 Juni 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts