Objek Wisata Pondok Lima Dibanjiri Pengunjung

Banjarmasin, Kalsel - Selain Bincau, satu lagi tempat wisata kuliner yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga atau relasi kerja yakni Pondok Lima di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel). Saat liburan tempat tersebut cukup ramai dikunjungi para pelacong. Ramainya pengunjung di Pondok Lima tersebut disampaikan oleh seorang warga Banjarmasin, Roji, Sabtu (27/6) setelah datang ke tempat wisata kuliner yang menghidangkan aneka ragam minuman dan makanan masakan khas Banjar.

"Di sana banyak terdapat masakan khas Banjar seperti ikan bakar papuyu (betok), haruan (gabus), patin, pipih, dan nila serta ikan mas beberapa ukuran dan berat dan aneka sayuran atau lalapan," katanya. "Juga tersedia aneka minuman segar yang cocok dinikmati saat siang bersama keluarga atau teman saat liburan seperti ini," lanjutnya. Roji yang juga seorang pegawai sipil di Kabupaten Banjar itu lebih jauh menceritakan objek wisata kuliner Pondok Lima sejak dibuka sampai sekarang selalu ramai dikunjungi, karena selain dekat dari kota juga tempatnya sejuk berada di pinggir sungai yang dikelilingi rimbunnya pohon pinus.

"Kalau di Bincau, selain agak jauh juga keadaanya disana cukup panas karena tidak banyak perlindungan, tapi kalau Pondok Lima jaraknya cuma sekitar 2,5 kilometer dari jalan raya Ahmad Yani, sehingga jadi pilihan pertama bagi warga yang ingin menikmati wisata kuliner." katanya. Menurut dia, Pondok Lima merupakan warung diatas kolam ikan buatan terdiri beberapa petak selain dikunjungi pelancong dari Banjarbaru, Martapura dan Banjarmasin juga dari luar Kalsel seperti Pulau Jawa dan Sulawesi. "Para tamu dari luar daerah menyenangi tempat tesebut karena ikan rasanya enak sebab langsung ditangkap dari kolam atau tambak yang ada disana," tambahnya.

Seorang warga yang pernah kesana membawa keluarganya, menuturkan di Pondok Lima selain memanjakan selera makan juga dilengkapi dengan fasilitas bermain anak-anak seperti sepeda air, bebek karet serta ada kolam pemandian. "Tempatnya sejuk, saya bersama istri dan anak merasa betah disana, masakannya selain enak juga harganya tidak teralu mahal, yah terjangkaulah sama orang seperti kita," katanya. Untuk tiga orang memesan ikan gabus bakar lima ekor cuma Rp75 ribu itupun ditambah nasi dengan lalapan serta air segar, kata pria satu putri itu.

Di Banjarbaru dikenal dengan `Kota Idaman` ini selain masakan ikan bakar khas Banjar juga banyak terdapat warung nasi yang menyajikan masakan khas lain yang siap menggoyang lidah seperti warung itik bakar, warung nasi sop ayam kampung dan lain-lain. Para wisatawan setelah puas di Banjarbaru biasanya meneruskan perjalanan ke `Kota Intaan Martapura` untuk belanja permata dengan bermacam bentuk serta oleh-oleh khas dari Pulau Borneo Kalimantan. (Ant/OL-06)

Sumber: http://www.mediaindonesia.com 29 Juni 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts