Promosi Borobudur Internasional Festival Semakin Gencar

Semarang, Jawa Tengah - Setelah dikeluarkan dari daftar Tujuh Keajaiban Dunia sejak 2007, obyek wisata Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, terus dipromosikan dengan gencar. Salah satunya dengan akan digelarnya Borobudur International Festival (BIF) yang dijadwalkan berlangsung 16 Juli sampai 21 Juli 2009. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah, Gatot Bambang Hastowo, Rabu (1/7), mengemukakan, BIF yang digelar ini merupakan kali kedua setelah 2003 juga diselenggarakan BIF. Tujuan diselenggarakannya BIF untuk mendongkrak pamor daerah tujuan wisata Candi Borobudur di tingkat dunia.

Harus diakui sejak Candi Borobudur tidak lagi masuk dalam daftar Tujuh Keajaiban Dunia maka status Candi Borobudur ini hanya tercatat sebagai Warisan Budaya Dunia di UNESCO. "Meski tidak berdampak luas, tapi jumlah kunjungan wisatawan mancanegara sempat turun hanya 110.340 turis saja dari sebelumnya mencapai lebih 140.000 turis asing," kata Gatot Bambang Hastowo. Dalam BIF 2009, tercatat sudah sembilan negara menyatakan berpartisipasi ikut dalam kegiatan BIF. Negara-negara partisipasi aktif itu di antaranya India, Filipina, Singapura, Malaysia, dan Thailand. Jumlah negara peserta BIF diperkirakan masih akan bertambah karena selama 15 hari ke depan ini, masih terus dilakukan hubungan dan komunikasi dengan perluasan negara peserta.

Sebagai wujud penghargaan atas partisipasi negara lain, BIF juga menyediakan kegiatan pertunjukan kesenian dan kebudayaan. Pertunjukan kesenian itu diikuti oleh pelaku budaya dan seni dari negara-negara partisipan BIF, sekaligus juga menampilkan tradisi kesenian lokal dari masyarakat sekitar Candi Borobudur. Obyek wisata Candi Borobudur yang per tahunnya mampu menyedot jumlah pengunjung wisatawan Nusantara sebesar 1,6 juta orang, saat ini dominan diakses para turis mancanegara dari Yogyakarta. Candi Borobudur masih merupakan obyek tujuan wisata yang menjadi satu paket dengan obyek lain seperti candi Prambanan, Dieng, dan Kraton Yogyakarta. (Winarto Herusansono)

Sumber: http://travel.kompas.com 2 Juli 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts