Masjid Agung Jawa Tengah, Tujuan Wisata Religi

Semarang, Jawa Tengah - Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) menjadi salah satu tujuan wisata religi bagi anak-anak selama masa liburan sekolah. Salah seorang pengurus MAJT, Teguh, 40, di Semarang, Kamis (2/7), mengatakan MAJT dapat digunakan untuk berwisata religi dan mengenalkan sejarah perkembangan agama Islam kepada anak-anak secara langsung. "Bagi orang tua yang ingin memperkenalkan dan memperdalam pengetahuan agama Islam kepada anak-anaknya dapat mengunjungi MAJT, terutama di museum sejarah perjuangan Islam di Jawa Tengah," katanya.

Museum sejarah perjuangan Islam terdapat di lantai dua dan lantai tiga Menara Al Husna kompleks Masjid Agung Jawa Tengah. Pada lantai dua terdapat koleksi-koleksi yang ditampilkan bercerita tentang awal perkembangan Islam di Jawa Tengah sampai terjadinya dialog antara Islam dengan budaya lokal. Sedangkan pada lantai tiga, menampilkan koleksi-koleksi budaya pesantren sampai dengan berdirinya Masjid Agung Jawa Tengah, seperti Al Quran yang disadur selam 70 tahun dengan aksara Jawa pada 1835 oleh salah seorang abdi dalem Keraton Surakarta.
"Selain itu juga ada gayor Masjid Sunan Muria, artefak kapal dagang, lukisan akulturasi Islam dengan budaya Jawa, serta diorama tentang penyebaran agama Islam di Jawa Tengah," ujarnya. Para pengunjung juga dapat menikmati pemandangan Kota Semarang di puncak Menara Al Husna. Mengenai jumlah pengunjung MAJT pada masa liburan sekolah ini, Teguh mengatakan rata-rata mengalami kenaikan hingga 50% dibanding jumlah pengunjung sebelum masa liburan.
Disebutkannya, puncak bertambahnya pengunjung terlihat pada Jumat, Sabtu, dan Minggu, terutama para pengunjung dari luar Kota Semarang. Teguh mengatakan, para pengunjung rata-rata bertanya tentang asal usul MAJT, bentuk arsitektur bangunan masjid, serta hal-hal yang ada di dalam MAJT.

Sementara itu, salah seorang pengunjung MAJT, Bakhir, 55, warga Kota Wonosobo, mengatakan tujuan dia mengajak anaknya adalah mengenalkan sejarah perkembangan dan penyebaran agama Islam secara langsung. (Ant/OL-02)

-

Arsip Blog

Recent Posts