Kaltim Ajak Swasta Garap Potensi Wisata

Samarinda, Kaltim - Pemprov Kalimantan Timur mengundang pihak swasta untuk menggarap potensi sektor pariwisata agar mengurangi beban APBD. Hal itu diungkapkan Wakil Gubernur Kaltim, H Farid Wadjdy di Samarinda, Kamis (11/11/2010) saat membuka Festival Kemilau Budaya Etam V, di Halaman Parkir Stadion Madya Sempaja Samarinda.

Ia mengatakan pelaksanaan berbagai kegiatan yang bersifat umum, baik berupa pentas seni, kebudayaan dan olahraga diharapkan tidak membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), namun lebih mengutamakan peran dana dari sponsor. "Kita harus berupaya memperkecil peran APBD dalam pembiayaan sejumlah kegiatan yang memang bisa diupayakan melalui pendanaan dari sponsor," kata Farid Wadjdy.

Ia menjelaskan banyak terdapat berbagai perusahaan di Kaltim, khususnya perusahaan tambang yang mengeruk hasil bumi di daerah ini. Sejumlah perusahaan dimungkinkan menjadi sponsor untuk membantu setiap kegiatan kepariwisataan dan olahraga.

Farid mengatakan Festival Kemilau Seni Budaya Benua Etam 2010 yang diharapkan memberi makna penting dan strategis dalam upaya menggairahkan dan memajukan dunia kepariwisataan, sekaligus pelestarian terhadap seni budaya daerah.

"Saya mengingatkan panitia penyelenggara untuk mengevaluasi dan mencari inovasi dan terobosan sehingga kegiatan yang telah memasuki tahun ke lima, tidak membosankan dan dapat menyedot pengunjung lebih banyak lagi," ujarnya.

Dengan tema "Kita Lestarikan seni Budaya Daerah dalam Rangka memperkokoh Persatuan dan Kesatuan" festival yang sudah lima kali digelar sampai 2010 itu menampilkan bermacam ragam seni dan budaya serta permainan tradisional masyarakat, antara lain lomba musik dan lagu daerah, tarian, busana dan makanan tradisional, kerajinan tangan, tarian massal, upacara adat, lomba olahraga tradisional, yakni menyumpit, begasing, belogo, pameran dan lain-lain.

Dia berharap festival ini, selain berdampak pada dunia kepariwisataan di Kaltim, juga memberikan manfaat besar di bidang kepariwisataan secara nasional maupun internasional, dengan hadirnya peserta, seniman dan budayawan serta pelancong domestik maupun mancanegara.

-

Arsip Blog

Recent Posts