Ribuan Prajurit Keraton/Kesultanan Akan Ikuti FKN VII

Palembang, Sumsel - 3.000 prajurit keraton se-Nusantara direncanakan mengikuti Festival Keraton Nusantara (FKN) VII di Palembang, 26-28 November 2010.

Ketua panitia pelaksana FKN VII Ismed Adiguna, Kamis (11/11) mengatakan hingga kini pihak yang telah mengonfirmasi keikutsertaannya pada FKN di Palembang mencapai 108 keraton/kesultanan. Selain berasal dari keraton di nusantara, beberapa kesultanan dari negara tetangga seperti Kesultanan Sulu (Filipina), Kesultanan Serawak (Malaysia), dan Brunei Darussalam juga akan ambil bagian pada event kali ini.

"Panitia sudah mendapat komitmen mereka akan hadir pada FKN di Palembang. Mudah-mudahan tidak ada halangan berarti sehingga semua peserta bisa tiba tepat waktu dan meramaikan event akbar ini nantinya," ujar Ismed.

Menurut Ismed, pelaksanaan FKN VII yang terbuka untuk umum akan dipusatkan di Plasa Benteng Kuto Besak (BKB) dan Museum Sultan Mahmud Badaruddin II. Saat festival berlangsung, akan ditampilkan berbagai keunikan budaya yang dimiliki masing-masing keraton/kesultanan.

"Akan ada pameran benda pusaka masing masing keraton. Nanti juga akan ada kirab agung prajurit keraton lengkap dengan atribut dan ciri khas masing-masing keraton pada 27 November," katanya.

Sementara itu, Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin dari Keraton Palembang Darussalam menyatakan masyarakat Palembang patut berbangga dengan adanya event ini. Pasalnya, FKN VII ini baru pertama kali dilaksanakan di pulau Sumatra.

"Kesultanan Palembang sudah lebih dari 183 tahun vakum karena berbagai permasalahan. Namun saat ini kami berusaha bangkit dan alhamdulillah, bisa muncul kembali dan membangun kembali tatanan adat istiadat dan kebudayaan di Palembang. Kesuksesan kami menjadi tuan rumah yang baik nantinya, tentu tidak lepas dari peran serta masyarakat Palembang," tutur Sultan Iskandar. (TT/OL-04)

-

Arsip Blog

Recent Posts