Situs Purbakala Pugungrahajo Berprospek Cerah

Lampung Timur, Lampung - Situs Purbakala Pugungrahajo, di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, mempunyai prospek menjadi objek wisata andalan, mengingat potensi yang cukup besar dimiliki tempat tersebut. "Kalau dikembangkan sebenarnya situs purbakala itu sangat bagus, apalagi memiliki panorama alam yang indah," kata salah seorang pengunjung, Ekawati, di Desa Pugungrahajo, Kecamatan Sekampung Udik, Lampung Timur, Selasa (4/8). Menurutnya, Situs Purbakala Pugungrahajo memang menjadi objek wisata andalan masyarakat Lampung Timur, sehingga apabila dikembangkan dengan optimal maka prospek menjadi objek wisata akan lebih menarik banyak pengunjung.

Pengembangan Situs Purbakala Pugungrahajo, lanjutnya, saat ini sangat minim seperti fasilitas singgah dan akses transportasi yang kurang memadai. Bahkan, menurutnya, pintu masuk menuju situs pun rusak parah, akibatnya para pengunjung mengalami kesulitas mengakses menuju lokasi situs purbakala itu. Seperti dikatakan salah satu pengunjung dari Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Adhari, 39, jika pengembangan situs purbakala itu memang kurang maksimal sehingga terkesan hanya dibiarkan alamiah. Padahal, pengunjung yang rata-rata kaula muda dalam sehari bisa mencapai 15-30 orang, terutama hari Sabtu dan Minggu.

Dia menambahkan, pengembangan Situs Purbakala Pugungrahajo memang tidak tampak, dan terkesan untuk perkebunan pohon kakao (coklat) dan kelapa. Hal itu terlihat dari sebagian besar lokasi yang banyak ditanami pohon kakao dan kelapa. Salah seorang petugas operasional di Situs Purbakala Pugungrahajo, Hadi Sulistio, mengatakan bahwa kondisi Situs Purbakala Pugungraharjo terus mengalami penurunan jumlah pengunjung. Hal itu antara lain karena alokasikan dana untuk melakukan pemugaran maupun untuk membangun fasilitas-fasilitas yang ada masih sangat minim.

Selain itu, lanjutnya, di dalam situs purbakala sendiri terdapat banyak koleksi peninggalan dari nenek moyang, baik dari zaman Prasejarah, zaman Hindu hingga zaman Islam yang kurang perawatan. Peninggalan-peninggalan yang terdapat di Situs Purbakala Pugungraharjo di antaranya, punden berundak, pemandian kuno, dan masih banyak lagi peninggalan zaman Megalitik berupa bebatuan dengan berbagai bentuk. (Ant/OL-02)

-

Arsip Blog

Recent Posts