Wayang Orang Bharata Mampu Saingi Justin Bieber

Jakarta - Ketua Paguyuban Wayang Orang Bharata (WOB), Marsam Mulyo Atmojo, mengatakan paguyubannya mampu menyaingi penyanyi muda terkenal Justin Bieber baik dari segi sambutan dan antusiasme penonton maupun dari harga tiket yang mencapai jutaan rupiah.

"Jika kami pentas di luar negeri, antusiasme penonton tidak jauh berbeda seperti ketika Justin Bieber ke Indonesia, contohnya pada saat kami pentas di Jerman jumlah penonton meledak dan meminta kami untuk terus tampil," katanya, Senin.

Ia menambahkan sambutan meriah pun mereka dapatkan ketika pentas di 30 negara Eropa, Turki dan Australia.

Meski belum banyak yang tahu dengan paguyuban WOB, animo masyarakat Indonesia pun tak kalah tinggi. Marsam menjelaskan banyak pejabat negara dan artis yang ikut serta menjadi pemain dalam beberapa pementasan.

Menurut dia, keikutsertaan para pejabat dan artis dalam pementasan bukan semata-mata untuk menarik perhatian penonton, melainkan karena mereka memang tertarik dengan seni budaya tradisi itu, seperti mantan gubernur DKI Jakarta Sutiyoso dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang mengaku tertarik dan senang akan seni wayang sejak kecil.

Harga tiket pementasan wayang orang yang berdiri sejak 5 Juli 1927 itu juga bisa mencapai jutaan rupiah, seperti pada pementasan yang akan digelar pada Agustus mendatang.

"Harga tiket kami juga tidak jauh berbeda dengan harga tiket Justin Bieber, yaitu paling tinggi Rp1,5 juta ," kata Marsam.

Menurut pemaparan Marsam, Wayang Orang Bharata bersama Yayasan Mitra Bharata pernah mengantongi keuntungan sebesar Rp1 miliar. Namun demikian penjualan tiket untuk pementasan di dalam Bharata tidak untuk menggaji pemain, tetapi untuk biaya produksi kecuali jika pementasan dilakukan di luar gedung Bharata.

-

Arsip Blog

Recent Posts