Pengurus Zuriat Kerajaan Riau-Lingga Akan Dilantik

Tanjungpinang, Kepri - Pengurus Zuriat dan Kerabat Kerajaan Riau-Lingga dijadwalkan dilantik mantan Wakil Gubernur Riau, Raja Abdul Aziz, yang juga tokoh masyarakat Melayu Kepulauan Riau dan Riau, pada Sabtu pekan ini.

"Sekitar 5.000 orang undangan diprediksi menghadiri pelantikan tersebut, di Balai Adat Pulau Penyengat, Tanjungpinang," kata Said Harris Yakoep selaku panitia, di Tanjungpinang, ibukota Provinsi Kepulauan Riau, Rabu.

Pelantikan Pengurus Zuriat (Keturunan) dan Kerabat Riau Lingga akan disaksikan Dirjen Kesbangpol Kementerian Dalam Negeri, Letjen Andi Tanribali Lamo, Gubernur Kepri Muhammad Sani, Wali Kota Tanjungpinang Suryatati, Bupati Bintan Ansar Ahmad dan perwakilan dari kerajaan dari Malaysia mulai dari Johor, Trengganu dan Malaka dijadwalkan hadir dalam acara tersebut.

"Kami mengharapkan masyarakat Tanjungpinang dan Bintan yang memiliki waktu untuk hadir ke lokasi acara dengan menggunakan baju kurung," ujar Said Haris.

Dia menambahkan, panitia juga menyiapkan transportasi ke Pulau Penyengat sehingga tamu dan undangan tidak usah memikirkan masalah angkutan laut.

Uniknya, kata dia, panitia juga menyediakan pelbagai macam makanan khas Melayu di Penyengat yang menjadi daya tarik acara.

Selesai acara pelantikan, ujarnya, Lembaga Zuriat akan melantik Laskar Adat dan Laskar Amok Melayu yang akan dikomandoi oleh pendekar silat Melayu.

"Mereka yang berasal dari suku Laut, Bugis, Banjar maupun lainnya yang pernah terlibat dalam perjuangan massa lalu mempertahankan kerajaan akan dihidupkan kembali menjadi Perisai Negeri," kata dia.

Hanya satu tujuan pelantikan Laskar Melayu ini, kata Said, demi menjaga Kepri kondusif sehingga proses pembangunan dapat berlangsung dengan baik.

Haris menyatakan, acara dimulai pukul 09.00 WIB hingga selesai. Hal yang terbilang langka pada saat pengukuhan akan dibacakan sumpah setia oleh yang dipertuan muda. "Kemudian peserta akan dihibur dengan pembacaan Gurindam 12," ujarnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts