Museum Kalimantan Barat Dapat 100 Piring Kuno

Pontianak, Kalbar - Museum Provinsi Kalimantan Barat pada Kamis mendapat tambahan koleksi berupa 100 piring kuno dari Direktorat Jenderal Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman.

"Piring-piring itu temuan dari Bangka Belitung," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat Yusri Zainuddin di Pontianak.

Ia menjelaskan, dengan tambahan 100 piring kuno yang kebanyakan berasal dari China itu sekarang koleksi piring keramik museum jadi melebihi 3.000 piring.

Yusri menjelaskan, selama ini museum kesulitan mendapat koleksi benda cagar budaya karena belum bisa mengambil dan memanfaatkan peninggalan bersejarah yang tersimpan di dasar perairan wilayah tersebut.

"Tidak sedikit benda cagar budaya itu dicuri oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab demi mengejar keuntungan semata," katanya.

Ia menjelaskan pula bahwa museum menyosialisasikan Undang Undang Nomor 10/2011 tentang cagar budaya untuk menekan angka pencurian benda-benda cagar budaya yang banyak tersimpan di wilayah perairan Kalimantan Barat.

-

Arsip Blog

Recent Posts