Anak Indonesia Pikat Pengunjung Festival Folksdance Austria

Jakarta - Murid Sekolah Dasar Islam Tugasku Jakarta yang tergabung dalam Sanggar Tari Ayudha mewakili Indonesia tampil memikat dalam The International Youth Folkdance Festival atau Internationales Jugend-Volkstandz Festival ke- 20 di Austria yang berlangsung di beberapa kota di Austria yaitu Spittal, Gm nd, Seeboden dan D briach.

The International Youth Folkdance Festival adalah festival tari internasional yang melibatkan partisipasi anak dan remaja berusia 4-16 tahun dari mancanegara, demikian Counsellor Koordinator Pensosbud/Protkons, Dody Kusumonegoro kepada ANTARA, Senin.

Pada acara utama yang berlangsung dalam cuaca cerah tersebut, anak-anak SD Islam Tugasku tampil memikat dengan membawakan dua tarian daerah di hadapan sekitar 500 hadirin yang digelar di alun-alun Seeboden Duta Besar RI untuk Austria Rachmat Budiman memberikan dukungan kepada anak-anak SD Islam Tugasku.

Penampilan pertama diawali dengan tari Gantar Alu dari Kalimantan dan diakhiri dengan tari Saman dari Nanggroe Aceh Darussalam yang mampu memukau penonton yang hadir, termasuk beberapa penonton asal Belanda yang datang secara khusus untuk menyaksikan tampilan budaya Indonesia tersebut.

Penampilan anak-anak Indonesia pada festival mendapatkan apresiasi khusus Walikota Seeboden Wolfgang Klinar yang menyatakan masyarakat Seeboden sangat senang dengan kehadiran dan penampilan anak-anak Indonesia dalam Festival kali ini.

Menurutnya, sambutan hangat para hadirin merupakan cerminan dari penghargaan masyarakat Austria terhadap budaya Indonesia secara umum.

Sementara itu Duta Besar Rachmat Budiman menyatakan bahwa anak-anak SD Islam Tugasku yang tampil dalam Festival ini merupakan duta budaya bangsa dalam memperkenalkan Indonesia kepada masyarakat Seeboden dan sekitarnya.

The Internationales Jugend-Volkstandz Festival tahun ini merupakan keikutsertaan pertama kali bagi Indonesia sekaligus sebagai satu-satunya negara Asia yang berpartisipasi dalam Festival yang berlangsung dari tanggal 10 hingga 13 Juli lalu.

Selain Indonesia, negara lainnya yang turut berpartisipasi adalah Slovenia, Rusia, Italia, Makedonia, Meksiko dan tuan rumah Austria yang diwakili oleh Provinsi Steiermark dan Karnten. The International Youth Folkdance Festival ditutup di kota D briach, Austria.

-

Arsip Blog

Recent Posts