Studio di Amerika Adakan Lomba Fotografi Internasional tentang Ramadhan

Washington, Amerika Serikat - Studio Basel for Creative Solution, sebuah organisasi di Amerika Serikat, menyelenggarakan Sayembara Fotografi Internasional (IPRC) bertema "Menangkap Semangat Ramadan."
Sayembara Fotografi Internasional "Menangkap Semangat Ramadan" merupakan perayaan visual selama 30 hari. Penyelenggaraan ini bertujuan untuk mendidik dan mencerahkan jutaan pemirsa di seluruh dunia melalui seni fotografi.

Misi dari proyek ini adalah menawarkan sebuah platform internasional bagi para seniman untuk menampilkan kreativitas mereka dalam upaya menghilangkan kesalahpahaman dan penafsiran tentang Islam dengan citra yang indah dan positif.

Dalam tiga tahun belakangan, IPRC telah menarik lebih dari 60.000 fotografer dan penggemar seni fotografi di seluruh dunia dengan diajukannya ribuan foto dari seluruh penjuru dunia. Mereka telah menerbitkan buku 'Capture Spirit of Ramadhan Photography' jilid pertama dan kedua. Ini merupakan pertama dan satu-satunya bentuk penerbitan fotografi yang dikhususkan bertema Ramadan di seluruh dunia.

Sayembara ini terbuka untuk semua warganegara dan agama. Peserta harus berusia 18 tahun ke atas.

Foto-foto yang diajukan harus diutamakan bertema Ramadan, namun bukan berarti hasil jepretannya hanyalah gambar-gambar masjid atau orang-orang sedang berbuka puasa. Sesuai dengan tema sayembara itu, tujuannya adalah untuk 'menangkap semangat' dari Bulan Suci Ramadan dengan cara visual.

Pada akhir Ramadan, dewan juri akan menilai foto-foto yang diajukan dalam sayembara tersebut. Seorang fotografer terkenal, Steve McCurry, termasuk dalam dewan juri tahun ini. Ia merupakan pemenang penghargaan National Geographic dengan karya berjudul "Gadis Afghanistan".

"Dewan juri akan menilai dampak dan pesan, kreativitas, tingkat kualitas fotografi, teknik dan komposisi", kata juru bicara sayembara itu, Lina Ali.

Tahun ini, ada tiga kategori yang disayembarakan. Kategori pertama bertemakan arsitektur, kedua spiritualitas, dan ketiga budaya. Setiap kategori akan dipilih tiga pemenang.

Pemenang ketiga akan mendapat hadiah sebesar US$500, pemenang kedua mendapat hadiah US$1.000 dan pemenang pertama mendapat hadiah US$1.500 seperti yang dilansir dalam laman mereka www.spiritoframadan.org.

IRPC medapat dukungan di seluruh dunia seperti dari organisasi UNESCO dan The British Museum. IRPC juga berkolaborasi dengan tempat-tempat seni internasional terkemuka termasuk Islamic Arts Museum Malaysia, Arab American National Museum, dan Institut du Monde Arabe di Paris.

Sayembara ini bertujuan menjalin komunikasi dan dialog antara budaya dan negara serta menawarkan pandangan kreatif tradisi Islam di seluruh dunia.

-

Arsip Blog

Recent Posts