Lomba Nasyid dan Kasidah dalam Ramadhan Festival

Pontianak, Kalbar - Beberapa tahun terakhir kesenian yang bernafaskan Islam seperti kasidah dan nasyid mulai berkembang dan digemari masyarakat muslim Kota Pontianak. Untuk memotivasi semangat umat muslim dalam mensyiarkan Islam lewat kesenian, membuat Pontianak Post menggelar lomba kasidah dan nasyid sejak 17 Juli hingga 4 Agustus mendatang.

Sekitar pukul 15.00 wib, Sabtu (20/7), tampak sejumlah rombongan peserta kasidah mulai berdatangan di Pontianak Post. Maklum saja, sejak Jumat (17/7) hingga 4 Agustus mendatang, koran pertama dan terutama di Kota Pontianak ini menggelar lomba kasidah dan nasyid yang terbuka bagi masyarakat umum Kalimantan Barat.

Koordinator Divisi Even Organizer Pontianak Post Kiki F Sarumpaet mengatakan, lomba kasidah dan nasyid itu diselenggarakan selain dalam rangka menyemarakkan bulan Ramadan juga menjadi salah satu wadah bagi para pecinta kesenian bernafaskan Islam itu untuk berlomba-lomba meningkatkan kualitas diri dalam mensyiarkan islam lewat masing-masing kesenian yang di tekuni.

“Sekarang ini cukup banyak umat muslim yang giat belajar dan berlatih kasidah dan nasyid, makanya lewat lomba ini, kita ingin memotivasi mereka untuk lebih semangat berlatih dan berdakwah lewat kesenian islam yang ditekuni itu,” papar Kiki.

Kendati baru kali pertama menggelar lomba kasidah dan nasyid, namun Kiki mengakui semangat para peserta sangat baik terhadap lomba yang dibalut dalam Ramadan Festival Pontianak Post itu. “Selain hampir semua grup qasidah di Kota Pontianak yang turut serta, ada juga grup nasyid yang jauh-jauh datang dari Ngabang ikut serta dalam lomba nasyid ini,” katanya, sembari mengaku jika acara lomba kali ini sukses tidak menutup kemungkinan di tahun yang akan datang Pontianak Post akan menggelar even serupa dengan dikemas jauh lebih semarak lagi.

Dikatakan Kiki, total hadiah yang dipersiapkan bagi pemenang kasidah dan nasyid mencapai Rp13,8 juta. Selain itu para pemenang juga berkesempatan mendapatkan piala Wali Kota Pontianak.

Shakila (45), salah peserta dari grup kasidah Al-Ikhwah, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, mengatakan sangat senang dan antusias mengikuti lomba kasidah tersebut. “Bukan termotivasi karena hadiah atau penghargaan yang dipersiapkan panitia, adanya lomba kasidah ini secara tidak langsung saya harapkan juga merangsang generasi muda juga untuk memelajari beragam kesenian bernafaskan Islam termasuk kasidah,” katanya.

Shakila pun memuji Pontianak Post yang mendorong berkembangnya seni kesenian bernafaskan Islam. “Saat ini sangat sedikit pihak yang menyelenggarakan kegiatan yang bernafaskan Islam, makanya adanya kegiatan ini membuat kami merasa tambah bersemangat untuk berlatih dan mensyiarkan Islam lewat kasidah,” jelasnya, kemudian berharap kegiatan serupa bisa menjadi ajang tahunan yang rutin digelar Pontianak Post.

-

Arsip Blog

Recent Posts