Pemkab Wonogiri Gelar Festival Seni Kerawitan

Wonogiri, Jateg - Dalam rangka memeriahkan Bulan Agustus sebagai bulan kemerdekaan bangsa Indonesia, Pemkab Wonogiri akan menggelar festival seni kerawitan. Event kesenian yang dikemas sebagai festival kerawitan bulan merdeka ini, sekaligus sebagai upaya melestarikan kesenian tradisional yang memiliki nilai adi luhung.

"Bagi group-group seni kerawitan yang berminat, dapat segera mendaftarkan. Pendaftaran ditutup sampai dengan tanggal 22 Juli 2013 mendatang," tegas Kabag Humas Pemkab Wonogiri, Waluyo SSos MM.

Pelayanan pendaftaran, dilakukan oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Wonogiri pada setiap hari kerja. Untuk tempat penyelenggaraan festival seni kerawitan, lokasinya akan memakai pendapa Kabupaten Wonogiri, dan akan digelar pada tanggal 27 sampai dengan 28 Agustus 2013 mendatang.

Festival ini, tambah Waluyo, terbuka untuk semua group seni kerawitan yang eksis di Kabupaten Wonogiri. Baik group seni kerawitan pelajar, dinas, kantor, instansi maupun dari kelompok-kelompok pengrawit dari masyarakat.

Panitia memberikan acuan, setiap group seni kerawitan yang akan tampil, dibatasi maksimal bernaggotakan 25 personel. Jumlah ini, termasuk seniwati waranggana atau pesindhen-nya. Mereka diwajibkan mengenakan pakai kejawen. Yakni untuk pria memakai baju beskap, kain jarik dan mengenakan blangkon. Untuk putri, mengenakan kebaya dan jarik.

Kabid Kebudayaan Disbudparpora Kabupaten Wonogiri, Drs Mulyanto menyatakan, panitia mensyaratkan bagi seni kerawitan yang maju lomba, minimal menyajikan tiga gendhing. Materi gending bebas dan dapat digarap sesuai kreatifitas masing-masing kelompok. Yang penting, setiap group diminta untuk dapat membawakan Bawa, Jineman, Palaran, Merong gending Kethuk 2, Ladrang, Ketawang, Lancaran/dolanan, Srepegan.

Tim juri dari STSI Surakarta, akan memilih enam group seni kerawitan terbaik, untuk diberikan penghargaan, tropi dan piagam dari Bupati Wonogiri, dan uang pembinaan yang totalnya mencapai Rp 9 juta.

Panitia menyediakan fasilitas seperangkat gamelan laras Slendro dan Pelog. Pengambilan nomor undian akan dilaksanakan pada technical meeting tanggal 25 Juli 2013, pukul 10.00 bertempat di Aula Disbudparpora Kabupaten Wonogiri, Jalan Jenderal Sudirman Nomor: 61 telepon (0273) 321058.

-

Arsip Blog

Recent Posts