Promosi Budaya Indonesia Ajak Masyarakat Polandia Berwisata

Warsawa, Polandia - Kerumunan orang berkumpul lebih dari biasanya di Zlote Tarasy, mal terbesar di Warsawa, Polandia, Jumat (5/7/2013). Selain memang saat ini adalah liburan sekolah, mereka berkumpul karena ada kegiatan "Indonesia Day" pada Letnie Tarasy Smakow (Summer Terraces of Tastes) yang berlangsung dari tanggal 5 sampai 6 Juli 2013.

Kegiatan "Indonesia Day" merupakan hasil kerja sama antara KBRI Warsawa, pihak Zlote Tarasy, dan Assossiasi Persahabatan Indonesia-Poland. Acara ini menghadirkan makanan khas Indonesia, film Indonesia, serta pentas seni budaya Indonesia.

Hampir 10 ribu pengunjung yang datang ke "Indonesia Day" mendapat kesempatan untuk memenuhi hasrat mereka "merantau" ke Indonesia selama liburan, dengan mencicipi masakan dadar gulung serta rendang, menyaksikan film Indonesia, serta sejumlah pentas seni budaya Indonesia.

“Awal liburan ini, saya mengajak masyarakat Polandia untuk 'merantau' ke Indonesia bersama kami di Indonesia Day. Untuk liburan yang akan datang, saya harap kalian dapat langsung mengunjungi dan berwisata di Indonesia,” kata Duta Besar RI untuk Polandia, Darmansjah Djumala pada saat sambutan pembukaan "Indonesia Week Festival", seperti termuat dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (9/7/2013).

Pemutaran film “Janji Joni”, yang diputar ala layar tancap di halaman Zlote Tarasy, merupakan daya tarik dan pengalaman tersendiri bagi warga Polandia yang berbondong-bondong menikmati cuaca sore hari sembari menyaksikan film Indonesia.

“Filmnya menghibur dan menarik," ungkap salah seorang warga Warsawa, setelah menyaksikan film “Janji Joni”.

Selain dimanjakan dengan makanan dan film Indonesia, para pengunjung Zlote Tarasy juga menyaksikan pentas seni budaya Indonesia yang ditampilkan oleh Assosiasi Persahabatan Indonesia-Polandia cabang Warsawa, dan Assosiasi Persahabatan Indonesia-Polandia cabang Krakow.

Penampilan para “Sahabat” Indonesia berhasil memukau penonton dengan sejumlah tarian Indonesia seperti bajidor kahot, tari rantak, tari kembang tanjung, dan diakhir dengan konser musik gamelan oleh Warsawa Gamelan Group.

-

Arsip Blog

Recent Posts