Ramadhan Jazz Festival, Berdakwah Lewat Musik

Jakarta - Memasuki bulan suci Ramadan, banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan iman dan semangat menjalani puasa. Salah satunya adalah Ramadhan Jazz Festival yang kembali digelar untuk kali ketiga.

Rencananya, Ramadhan Jazz Festival digelar mulai 19 hingga 20 Juli 2013 di plaza Masjid Cut Meutia, Jakarta. Acara ini menghadirkan beberapa musisi jazz seperti Tulus, Idang Rasjidi, Barry Likumahuwa, Dwiki Dharmawan, dan lainnya. Menurut Remaja Islam Cut Meutia (RICMA), sebagai sebagai penyelenggara, RJF menjadi ajang dakwah yang baik untuk remaja.

"Tujuannya mengajak remaja ke masjid saat Ramadan. Anak zaman sekarang sukanya musik jazz. Jadi, kita harapkan dapat mengajak anak remaja ke masjid, tarawih bareng setelah itu nonton jazz. Musik adalah sarana dakwah paling efektif," kata Almira Dela Pane, Project Officer Ramadhan Jazz Festival 2013, Jakarta, Selasa (16/7).

"Kalau dulu Wali Songo lewat gamelan, Rhoma Irama lewat musiknya. Ini juga berlandaskan surat Ibrahim ayat 4, yakni berdakwahlah dengan bahasa kaum mu. Nah kami mau berdakwah melalui musik jazz," tambah dia.

Almira menyebut konsep Ramadhan Jazz Festival tahun ini lebih banyak mengambil konsep muatan islami. Para pengisi acara nantinya diwajibkan membawakan minimal satu lagu religi dan pakaian tertutup.

"Penampilan tiap performer gunakan pakaian muslim tertutup, inilah yang bedakan Ramadhan Jazz Festival dan festival jazz lain, mengingat ini di bulan Ramadan dan berada di lingkungan masjid," kata Artha, Sekjen RICMA.

Ramadhan Jazz Festival dimulai pukul 21.00 WIB usai salat tarawih. Panitia berharap para penonton tak hanya menyaksikan acara musiknya, tapi juga datang sebelum acara dan berbuka puasa hingga tarawih bersama di masjid.

Bagi penonton yang ingin menyaksikan Ramadhan Jazz Festival, cukup membawa buku bekas atau baru sebagai tiket masuk.

-

Arsip Blog

Recent Posts