Pengembangan Pariwisata Pandeglang Melalui Pendekatan Ekonomi

Bupati Pandeglang, Erwan Kurtubi menjelaskan, pengembangan pariwisata di daerah itu akan dilakukan melalui pendekatan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat dengan berorientasi pada pengembangan wilayah.

"Pengembangan ekonomi juga harus bertumpu pada masyarakat dan bersifat memberdayakan warga yang mencakup berbagai aspek seperti sumber daya manusia, pemasaran, destinasi, ilmu pengetahuan, dan teknologi, keterkaitan lintas sektor dan kerja sama antar negara," katanya di Pandeglang.

Yang juga tidak kalah pentingnya, kata dia, pengembangan pariwisata juga harus mampu memberdayakan usaha kecil serta tanggung jawab dalam pemanfaatan sumber daya alam dan budaya yang ada.

Sedang untuk pemasaran, kata dia, harus dilaksanakan secara bersama-sama, terpadu dan berkesinambungan dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan dengan tetap mengedepankan tanggung jawab dalam membangun citra Pandeglang dan citra Indonesia.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang menjadikan sektor pariwisata sebagai andalan dalam meningkatkan perekonomian daerah itu selain bidang pertanian secara luas.

Di kabupaten tersebut cukup banyak obyek wisata dan kebudayaan dengan ciri dan kekhasan tersendiri yang bisa dijadikan sebagai modal untuk menarik wisatawan berkunjung ke darah itu.

Kebudayaan yang hingga kini masih "hidup" dan bisa menarik wisatan untuk berkunjung di antaranya, rampak bedug, debus, pandidang pandeglang, peninggalan sejarah pubakala yang jumlahnya cukup banyak.

Sedangkan obyek wisata di antaranya Pantai Carita, Pulau Umang, wilayah wisata Tanjung Lesun, Pulau Panaitan, Taman Nasional Ujung Kulon, Situ Cikeudal dan Cas Waterpark yang di dalamnya ada penangkaran rusa. (rs/RS/ant)

Sumber: http://beritadaerah.com
-

Arsip Blog

Recent Posts