Team Coast Guart Amerika Serikat Kagumi Siba Island

Medan - Team US Coast Guart USA dan Tim Administrator Pelabuhan (Adpel) Belawan belum lama ini berkunjung ke objek Wisata Siba Island di perairan laut Belawan.

Kunjungan Team US Coast Guart Amerika Serikat salah seorang di antaranya Tom Griffitts, melalui penterjemahnya Drs. Rustam Pakpahan, MA mengakui meski cuma dua jam berada di objek wisata bahari itu, namun benar-benar dapat menikmati indahnya pulau yang dikelilingi hamparan nyiur pohon bakau yang sangat mempersona dipandang mata.

Tom Griffitts juga tak mampu menyembunyikan kekagumannya terhadap panorama khas Asia di Siba Island yang indah serta bangunan rumah Melayu yang memiliki ornamen khas nan klasik yang ditata spesifik.

"Saya akan memberitahukan kepada teman-teman di Jepang dan Amerika Serikat," ujar Tom Griffitts yang kebetulan adalah sebagai Koordinator Asia Fasifik US Coast Guard yang berkantor di Tokyo Jepang.

Menurutnya wisata bahari dan pulau di Siba Island itu hanya beberapa saja yang ada di dunia. Karenanya dia sangat berharap H. Syarifuddin Siba, SH. M.Hum selaku owner menata objek wisata bahari ini baik untuk turis domestik maupun mancanegara.

Senada dengan Tom, Adpel Belawan Rusman Hoesien menilai tempat wisata Bahari ini sangat potensial di masa mendatang. Rusman juga mengharapkan agar selaku presiden komisaris Siba Island, Syarifuddin Siba tidak melupakan peranan pelayanan maksimal terhadap para tamu yang datang berwisata.

"Jangan ada yang mengecewakan, baik dalam urusan transportasi air yang digunakan, selain itu fasilitas yang ada juga harus siap saat dibutuhkan para turis," kata Adpel Belawan yang merasa bangga karena di kawasan teritorinya ada lokasi wisata yang kedepan akan sangat dibutuhkan para pemakai jasa pelabuhan sebagai pintu gerbang Indonesia Barat.

Fasilitas tersedia

H. Syarifuddin Siba SH, M.Hum kepada para tamunya menyebutkan berbagai fasilitas saat ini sudah tersedia di Siba Island di antaranya seperti Indo Restrauran, Sultan Convention Hall, Wedding Out Door, pantai pasir putih.

Di lokasi ini juga katanya terdapat geding fishing, luphank ikan dan parkir area yacht, speed boat dan kapal fery.

Siba juga memaparkan, objek wisata ini dibangunnya untuk menggairahkan industri tanpa asap di daerah ini, khususnya terhadap wisata bahari dan wisata pulau serta wisata agro.

Lokasi wisata bahari Pulau Siba itu juga tambahnya sebagai upaya untuk mewujudkan pembangunan desa tertinggal dengan modal swadaya sendiri guna meningkatan kesejahteraan masyarakat. Lebih penting lagi hal itu sebagai ujud sumbangsing guna membantu pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan.

Di samping itu menurut mantan Sekretaris KNPI Sumut dua periode itu, dibangunnya tempat wisata ini merupakan permintaan masyarakat Hamparan Perak agar tempat yang indah itu tidak terbuang sia-sia. Karenanya tidak heran bila tempat ini sangat diminati masyarakat untuk melakukan kegiatan wisata, seminar, memancing dan kegiatan olahraga air. Apalagi di Siba Island menyediakan penginapan serta permainan olahraga air seperti jet sky, power boating, sky air, speed boat dan sepeda air serta permainan anak-anak bernuansa bahari.

Mengingat masih belum lengkapnya lokasi wisata ini serta keterbatasan dana dimilikinya, Siba tak sungkan berharap agar pemerintah menaruh perhatian untuk membangun infrastruktur Siba Island agar wisata bahari, wisata pulau dan wisata agro makin tumbuh di kawasan ini, khususnya di kawasan seputar perairan Belawan. (rel/hers)

Sumber tulisan: http://www.analisadaily.com
-

Arsip Blog

Recent Posts