Festival Danau Poso Digelar untuk Citra Poso yang Damai

Poso, Kalteng - Pelaksanaan Festival Danau Poso (FDP) ke-13 yang akan digelar pada 29-31 Oktober diharapkan dapat mengembalikan citra Kabupaten Poso yang damai.

Ketua Panitia Pelaksana FDP ke-13 Syamsuri yang juga Wakil Bupati Poso di Poso, Kamis (21/10), mengatakan, untuk menunjukkan suasana yang ada di kabupaten itu, maka yang diangkat adalah Festival Damai. Untuk semakin mematangkan persiapan pelaksanaan FDP yang menurut rencana akan dibuka oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik dibentuk pula panitia lokal yang diketuai oleh kepala dinas Pariwisata Kabupaten Poso.

"Kerja panitia yang ada di provinsi akan diselaraskan dengan panitia lokal di Poso sehingga nantinya pelaksanaan kegiatan berjalan lancar," kata pejabat Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Poso Sin Songgo. Panitia lokal akan mempersiapkan beberapa hal teknis seperti penyiapan sarana panggung dan kesiapan penerangan listrik termasuk penginapan di Tentena dan Poso.

"Kami bekerja sama dengan pengelola hotel untuk ikut mempersiapkan diri menerima tamu yang akan datang ke Poso untuk melihat FDP," kata Sin Songgo. Pengunjung FDP 2010 diperkirakan mencapai 10 ribu orang selama tiga hari pelaksanaan yang digelar di tepi Danau Poso.

Promosi yang dilakukan panitia lokal dilakukan lewat iklan radio dan memasang sejumlah spanduk di jalan utama Kota Poso hingga di setiap kecamatan. "Kunjungan warga Poso maupun dari luar ke pekan FDP ini akan membantu kami mengembalikan citra Poso, khususnya Tentena seperti saat sebelum terjadinya konflik," seorang warga Tentena. (Ant/OL-5)

-

Arsip Blog

Recent Posts