Warga Daratan Berlebaran Aceh ke Sabang

Banda Aceh, NAD - Ratusan warga daratan di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam berlebaran Idul Fitri ke Sabang sambil menikmati keindahan alam di daerah paling ujung barat Indonesia itu. Koordinator PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Banda Aceh, Husaini, di Banda Aceh, Senin, mengatakan, sejak hari pertama Lebaran ratusan warga pergi melancong ke Sabang. Pada hari raya pertama, PT ASDP melayani satu kali pelayaran dengan dengan KMP BRR. Pada hari itu, sebanyak 373 penumpang ditambah 21 unit kendaraan roda empat dan 76 unit sepeda motor berangkat dari pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh ke Balohan, Sabang.

Pada hari raya kedua, PT ASDP melayani pelayaran dua kali baik dari Ulee Lheue-Balohan maupun Balohan-Ulee Lheue. "Kami perkirakan pada hari raya kedua lonjakan penumpang dari Ulee Lheue-Balohan akan meningkat sehingga operasional ditingkatkan menjadi dua kali," ujarnya. Husaini mengatakan, sudah menjadi kebiasaan setiap Lebaran warga daratan, khususnya dari Banda Aceh, melancong ke Sabang. Turis mancanegara juga memanfaatkan momen Lebaran untuk berwisata ke Sabang.

Sabang, secara internasional dikenal sebagai Pulau Weh, merupakan sebuah pulau berbentuk tapak kuda dengan penduduk sekitar 40.000 jiwa dan dikenal juga sebagai wilayah paling barat di Indonesia "Kilometer Nol". Pulau Weh dapat dicapai dalam satu jam dengan feri dari Banda Aceh, kota yang sedang giat melakukan pembangunan kembali pascatsunami 26 Desember 2004. Wilayah hukum Kota Sabang yang terdiri atas lima pulau yaitu Pulau Weh, Pulau Klah, Pulau Rubiah, Pulau Seulako dan Pulau Rondo, yang mempunyai daya tarik utama seperti wisata bahari, wisata pantai, dan wisata alam.

Pulau Weh menyimpan daya tarik khusus bagi para penyelam, baik dari mancanegara maupun domestik sebagai "Worldclass Diving". Wisata alam yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah daerah Gapang dan Pulau Rubiah, karena pantainya yang berpasir putih cukup indah. Khusus di Pulau Rubiah terdapat taman laut yang indah, karena terdapat bunga karang dan puluhan jenis ikan hias. (dat03/ann)

-

Arsip Blog

Recent Posts