Festival Legu Gam Butuh Dukungan

Ternate, Malut - Pemerintah Kota Ternate mengharapkan dukungan dari Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) dalam pelaksanaan Festival Legu Gam di Kota Ternate pada setiap bulan April.

Festival ini masuk dalam kalender kegiatan pariwisata nasional dan digelar dalam rangka memeriahkan ulang tahun Sultan Ternate. Hal ini diungkapkan Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman, di Ternate, Kamis (18/11/2010).

Selain itu, Pemkot Ternate, menurut Burhan, perlu bantuan Pemprov Malut dalam membenahi objek wisata di daerah ini. Terutama objek wisata yang menjadi kewenangan pemerintah pusat.

Burhan menambahkan Pemkot Ternate mengalami keterbatasan dana dalam membenahi objek wisata. Karena itu perlu dukungan Pemprov Malut dan semua pihak agar peninggalan sejarah yang ada di Ternate dapat dilestarikan.

Cagar budaya seperti benteng peninggalan Portugis dan Belanda berada dalam kewenangan pemerintah pusat di Kota Ternate.

Burhan mengatakan, kondisi benteng peninggalan Belanda dan Portugis di Ternate umumnya memerlukan pemugaran dan rehabilitasi. Sementara pendanaan untuk pemugaran itu harus dari pemerintah pusat atau Pemprov Malut.

Objek wisata cagar budaya tersebut merupakan salah satu andalan Pemkot Ternate untuk menarik minat wisatawan, baik dalam maupun luar negeri di daerah ini.

Burhan juga menjelaskan bahwa sarana dan prasarana pariwisata di Kota Ternate umumnya sudah bisa mendukung kunjungan wisatawan ke daerah ini. Misalnya untuk akomodasi, Ternate sudah memiliki hotel berbintang empat.

Sementara transportasi dari dan ke Ternate melalui laut atau darat cukup lancar. Burhan mengungkapkan untuk transportasi udara, ada 15 penerbangan dari dan ke Ternate setiap hari.

-

Arsip Blog

Recent Posts