Gelegar Nasi Bakar Halilintar

Bandung, Jawa Barat - Jangan remehkan sambal cabe rawit hijau bercampur dengan potongan ikan jambal roti ini. Saat dicocolkan dengan nasi, siap-siap saja lidah kesambar dengan pedasnya. Makanya, menu ini dinamakan dengan nasi bakar halilintar. Pedas sambalnya memang menggelegar. Menu nasi bakar halilintar ini bisa ditemukan di Saung Baraya Jalan Cihampelas No 147, Bandung. Tepatnya di samping toko Superhero yang berada di potongan Jalan Cihampelas dan Jalan Sastra.

Nasi disajikan seperti lontong. Aroma wangi nasi bakar tercium dari daun pisang yang membungkus nasi. Sebagian warna daunnya tersapu hitam akibat pembakaran. Saat dibuka, bukan hanya nasi putih tapi bercampur dengan teri Medan berwarna kuning. Kelembutan nasinya mirip dengan nasi liwet. "Ini adalah nasi khas Saung Baraya," ujar Eded Supriadi, Manager Saung Baraya Cihampelas. Menurut Eded, nasi bakar halilintar ini sengaja dibuat beda karena disajikan dengan nasi teri medan. Dan di warung ini memang tidak disediakan nasi polos untuk menu apapun.

Meski menjadi kendala untuk yang tidak menyukai teri medan tapi menurut Eded pembelinya tetap banyak. Apakagi kalau akhir pekan tiba, pembeli bisa sampai waiting list. Umumnya nasi bakar, nasi bakar halilintar disajikan dengan ayam bakar, tempe goreng, tahu goreng dan perkedel jagung. Perkedel jagungnya halus dan terasa manis bercampur gurih. Rasa gurih, ujar Eded, karena dalam adonannya ada campuran keju parut. Satu porsi nasi bakar halilintar Rp 25 ribu.

Untuk menetralkan rasa pedas dan menambah rasa segar, sop buah monthong jadi menu andalan. Sop buah ini menurut Eded memiliki komposisi buah terlengkap. Ada sekitar 14 buah yang ada dalam menu sop buah ini. Selain potongan buah-buahan, sop buah ini juga disegarkan dengan es serut dansirop sehingga berwarna merah muda. Ditambah lagi dengan daging durian monthong lezat di atasnya dan satu sendok es krim vanilla.

Selain di Jalan Cihampelas, Saung Baraya juga dibuka Jalan Kolonel Masturi, Kp.Kramat No. 2, Parompong, Lembang. Meskipun hanya cabang dari Saung Baraya Cihampelas, tutur Eded, Saung Baraya Lembang lebih luas dan memiliki fasilitas rekreasi yang komplit. Ada tanaman sayuran dan stroberi, selain itu ada fasilitas permainan untuk anak-anak. Tempat makan pun lebih nyaman karena terdiri dari saung-saung dan pengunjung bersantap sambil lesehan. (ema/bbn)

-

Arsip Blog

Recent Posts