Riau dan Malaysia Juara Umum Internasional Dragon Boat

Padang, Sumatra Barat - Nomor dragon boat atau perahu naga sedang diperjuangkan PODSI (Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia) untuk dipertandingkan pada PON XVIII tahun 2012 di Riau. Jika disetujui KONI Pusat dan PB PON, maka kesempatan Riau untuk mendulang medali di nomor ini cukup besar. Sebagai bukti, ketiga ikut Kejuaraan Internasional Dragon Boat di Padang, Sumatra Barat, 29 Juli hingga 2 Agustus 2009, Riau keluar sebagai juara umum setelah mampu meraih tiga emas, dua perak dan satu perunggu. Riau unggul medali perak dari Jambi yang juga meraih tiga emas.

Tiga medali emas Riau di kejuaraan ini diraih dari perahu 12 pedayung open putra, 22 pedayung putra dan 22 pedayung campuran. Kejuaraan ini diikuti 56 perahu yang berasal dari Jambi, Sumatra Barat, Kepri, Aceh, Sumatra Utara, Taipei, Makau, Malaysia dan Filipina. “Untuk peserta lokal atau Indonesia, kita juara umum. Kalau dari luar, Malaysia yang juara umum,” ujar Ketua Harian PODSI Riau, H Sanusi Anwar kepada, Minggu (2/8). “Atlet PPLP dayung kita juga berhasil menyumbangkan medali perak di kejuaraan ini,” tambahnya.

Sanusi menambahkan jika dragon boat ini dipertandingkan di PON 2012 nanti, maka cabang ini diprediksikan bisa membantu Riau untuk merebut juara umum karena peluang untuk meraih medali cukup terbuka lebar. “Kekuatan daerah di Indonesia masih merata. Tapi, kans kita meraih emas terbuka, kejuaraan ini buktinya,” tegas Sanusi.(hbk)

-

Arsip Blog

Recent Posts