Agustus 2015 Mendatang, Putra-Putri Melayu Siap Dipilih

Medan, Sumut - Wagubsu, H Tengku Erry Nuradi menyatakan, apresiasi atas rencana Pemilihan Putra-putri Melayu 2015 yang akan berlangsung sejak awal Agustus hingga November mendatang.

Apresiasi tersebut disampaikan Tengku Erry saat menerima kunjungan Panitia Pemilihan Putera Puteri Melayu 2015 di Rumah Dinas Wagub Sumut, Jalan Teuku Daud, Medan, Senin (13/4/2015).

Hadir dalam kunjungan itu, Penanggungjawab Pemilihan Putera Puteri Melayu 2015 Prof DR Ir Ilmi Abdullah, Sekretaris Dr Tengku Yohanita SpTHT-KL, Wakil Sekretaris Muhammad Abrar AMd, Divisi Penjurian Dr Mahriyuni MA, Humas Akhwanul Akmal SP MSi dan Perwakilan Rumah Film Indonesia (RuFI) Ivan Nobori SSos.

Dalam kesempatan tersebut ia kembali menyatakan, bahwa pemilihan putra-putri Melayu 2015 merupakan kegiatan positif bagi generasi muda dalam upaya melestarikan budaya nasional, khususnya resam dan kearifan lokal budaya Melayu.

“Dengan adanya kegiatan Pemilihan Putera Puteri Melayu 2015, budaya bangsa akan tetap lestari. Event ini juga sangat baik dalam merangsang tingkat kunjungan wisatawan, terutama dari beberapa negara serumpun,” sebut Tengku Erry.

Tengku Erry berpesan, Pemilihan Putera Puteri Melayu 2015 harus menjunjung tinggi adab berpakaian, lenggok, budaya keramahan dan tetap mengedepankan kebersamaan. “Melayu mengedepankan kepribadian cemerlang, beriman, takwa dan berbudi pekerti. Budaya ini jangan sampai terabaikan,” pesan Tengku Erry.

Tidak lupa, Tengku Erry juga mengajak seluruh masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan Pemilihan Putera Puteri Melayu 2015, karena Melayu tidak hanya suku, tapi resam yang melingkupi seluruh masyarakat, tidak hanya di pesisir pantai timur Sumatera, namun juga ke seluruh penjuru tanah air hingga ke sejumlah negara tetangga.

“Melayu kini menjadi resam dan sebuah kearifan lokal yang tidak dapat dipisahkan oleh suku. Melayu juga sebagai media pemersatu bangsa, melalui bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Melayu. Melayu juga tidak milik sekelompok orang, tetapi kini telah menjadi milik nasional,” jelas Tengku Erry.

Sementara Sekretaris Panitia Pemilihan Putera Puteri Melayu 2015, Tengku Yohanita mengatakan, tujuan dari kegiatan adalah menyiapkan generasi muda yang memiliki pribadi cemerlang, cerdas, kreatif, beriman, bertakwa dan berbudaya.

“Generasi muda harus menjadi insan cerdas, pintar, berbakat, tangguh dan berbudaya. Ini akan membangun karakter bangsa yang tangguh dan memiliki rasa nasionalisme kuat,” jelas Yohanita.

Lebih dari itu, Pemilihan Putera Puteri Melayu 2015 sebagai suatu aksi dan reaksi dalam mengaktualisasikan Deklarasi UNESCO yaitu menjaga warisan kebudayaan rumpun bangsa di dunia.

“Masyarakat harus memiliki dalam perkembangan zaman, namun tidak melupakan budaya sebagai akar peradabab bangsa-bangsa di dunia,” tambah Yohanita.

Perkembangan zaman harus dibarengi dengan kesadaran, rasa solidaritas dan toleransi dari berbagai perbedaan di lingkunagn masyarakat.

Yohanita mengatakan, Pemilihan Putera Puteri Melayu 2015 merupakan cikal bakal dibentuknya Yayasan Putera Puteri Melayu sebagai wadah kegiatan seni budaya, pendidikan dan keterampilan luar sekolah untuk remaja pemuda dan pemudi Indonesia khususnya di Sumatera Utara sebagai aksi pelestarian warisan kebudayaan rumpun bangsa Melayu.

“Rencananya, kegiatan ini akan berlangsung tiap tahun. Operasional yayasan nantinya akan diperoleh dari iuran anggota, donatur, sponsor dan pihak terkait, termasuk pemerintah daerah,” ucap Yohanita.

Pemilihan Putera Puteri Melayu 2015 sendiri akan berlangsung dalam beberapa tahap. Tahap pertama yakni registrasi, akan dimulai pada 1 Agustus 2015 mendatang. Kemudian peserta akan mendapatkan pembekalan ilmu pengetahuan dan wawasan kebudayaan rumpun Melayu, kompetisi bakat dan grand final akan digelar akhir November 2015.

Yohanita berharap, Pemilihan Putera Puteri Melayu 2015 ini dapat dimanfaatkan oleh sponsor, perusahaan swasta ataupun pemerintah yang ingin mengembangkan usaha mereka serta menjadikan ajang pemilihan ini sebagai ikon pariwisata dan pemasaran produk-produk usaha yang berkualitas.

“Untuk itu, acara ini dikemas menjadi suatu ajang pertunjukan, pariwisata dan promosi produk usaha yang dapat dinikmati oleh semua pengunjung yang datang sehingga semua akan lebih mudah menyatu ke dalam suasana kemeriahan Pemilihan Putera Puteri Melayu 2015 nantinya,” papar Yohanita.

Secara sederhana, acara ini juga dimaksudkan mengapresiasikan semua pengetahuan dan bakat para pencinta kebudayaan Melayu dan karya kreatifitas anak bangsa yang membanggakan untuk ditampilkan secara meriah dan berbeda dalam Pemilihan Putera Puteri Melayu 2015. Selain itu juga diharapkan dapat menumbuhkan rasa nasionalisme pada generasi muda saat ini.

Bagi anda yang tertarik ikut, dapat mendaftarkan diri ke Perpustakaan Tengku Lukman Sinar Jalan Abdullah Lubis No 42/47 Medan, Rumah Film Independent (RuFI) Jalan Luku 1 No 23 Komp Golden Palace, Simpang Pos, Medan. Telp 0614573330, Yul Andana 08126089983, Ely 081361729167, Abrar 081370336559.

-

Arsip Blog

Recent Posts