Cagar Budaya Unik di Mundung Laut

Jambi - Kelurahan Mudung Laut, Kecamatan Pelayangan, Kota Jambi memiliki cagar budaya yang patut dikembangkan, kata anggota DPR-RI Ratu Munawwaroh Zulkifli di Jambi, Minggu.

Menurut Ratu, di daerah ini masih terdapat kawasan cagar budaya seperti bangunan-bangunan rumah tua yang unik dan masih asli. Apabila cagar budaya ini dikembangkan akan dapat mendatangkan devisa bagi Provinsi Jambi.

Oleh karena itu, karena memiliki kawasan cagar budaya, Mundung Laut terpilih menjadi daerah yang mewakili Provinsi Jambi pada lomba PKK-KB-KES tingkat Nasional tahun 2010.

Kota seberang ini merupakan kawasan cagar budaya yang telah dicanangkan oleh gubernur terdahulu, karena di kawan itu banyak terdapat bangunan-bangunan rumah tua yang unik dan masih asli.

Selain itu, kawasan itu memiliki ruang yang tertata bagus yang tiap-tiap ruang memiliki makna tersendiri, kata Ratu Munawwaroh, yang juga Ketua TP PKK Provinsi Jambi ini.

Dalam rangka menghadapi persiapan penilaian Lomba PKK-KB-KES Tingkat Nasional Tahun 2010, tim penggerak PKK Provinsi Jambi dan Kota Jambi yang bekerja sama dengan Pemprov Jambi dan Kota Jambi mengadakan gotong royong bersama dengan seluruh unsur masyarakat yang berada di Mundung Laut.

Ratu usai mengikuti gotong royong bersama mengatakan, acara ini bukan sekadar penilaian saja tapi harus diikuti oleh semua masyarakat di Kota Jambi agar dapat di terapkan dalam pola kehidupan sehari-hari.

Sayangnya, pemilihan lokasi untuk mewakili Provinsi Jambi ini kurang mendapat sambutan dari masyarakat setempat.

Pada gotong royong bersama yang telah dilaksanakan, Ratu merasa kecewa karena masih kurangnya partisipasi dari masyarakat. Hal ini dapat dilihat karena belum ada perubahan sama sekali dibanding minggu-minggu sebelumnya.

Ke depan, Ratu akan mengajak Camat agar lebih giat dalam menyampaikan kesadaran bergotong royong kepada warga masyarakat.

"Jangan sampai kita membohongi panitia, tepat hari H baru semua bekerja, itu tidak baik," jelas Ratu Munawwaroh.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jambi M Sum Indra menyatakan optimistis bisa menang dalam Lomba PKK-KB-KES mendatang, karena itu diharapkan adanya kepedulian masyarakat untuk turut serta dan ikut ambil bagian dalam kegiatan gotong royong. (JY)

Sumber: http://oase.kompas.com
-

Arsip Blog

Recent Posts