Iwan Fals Dukung Warga Balong Tolak PLTN

Jepara - Sikap teguh warga Desa Balong, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara menolak rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di wilayah mereka, mendapat dukungan dari musisi terkenal, seperti Iwan Fals. "Senior saya yang lebih paham soal nuklir saja menolak PLTN, tentunya saya yang kurang paham tentang nuklir juga harus menolaknya," kata musisi terkenal, Iwan Fals, di sela-sela kunjungannya ke Makam Syekh Siti Jenar (R Abdul Jalil) di Desa Balong, Jumat.

Menurut dia, pemerintah tidak perlu memaksakan diri membangun PLTN yang membutuhkan dana besar dan membahayakan keselamatan manusia, karena masih ada energi alternatif yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik. Sejumlah energi alternatif tersebut, yakni, energi matahari, panas bumi, angin, dan arus laut.

Selain itu, musisi yang memiliki nama asli Virgiawan Listanto itu juga tak yakin dengan kemampuan pemerintah dalam mengelola teknologi nuklir, mengingat penyediaan fasilitas umum saja sulit dipenuhi secara maksimal. "Kami tetap akan menyuarakan penolakan terhadap PLTN," ujarnya.

Ia berharap, teman-temannya yang lebih pandai dan paham tentang teknologi nuklir agar memberikan informasi yang benar kepada masyarakat. Penolakan Iwan terhadap PLTN tidak hanya dalam bentuk ucapan, tetapi dia juga menciptakan lagu yang berisi tentang penolakan terhadap teknologi nuklir tersebut dengan judul "Lirik 13". (Krisman Purwoko)

Sumber: http://www.republika.co.id
-

Arsip Blog

Recent Posts