Masyarakat Adat Gelar Aruh Baharin

Paringin, Kalsel - Masyarakat adat Dayak Pitap di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, menggelar pelaksanaan upacara adat Aruh Ganal Baharin di Balai Adat Ujung Murung di Desa Langkap, Kecamatan Tebing Tinggi, ujar tokoh Dayak Pitap, Rahmadi.

"Pembukaannya digelar Jumat (1/10) yang rencananya akan dihadiri oleh Bupati Balangan, Sefek Effendi," ujarnya di Paringin, ibu kota Balangan, Kamis.

Aruh Ganal adalah upacara adat yang dilaksanakan oleh seluruh masyarakat adat Dayak Meratus yang ada di Kalsel.

Aruh dalam bahasa masyarakat setempat berarti perayaan, sedang Ganal berarti besar, sehingga Aruh Ganal bila diartikan kurang lebih merupakan sebuah perayaan besar secara adat masyarakat Dayak.

"Pada masyarakat adat Dayak Pitap, Aruh Ganal disebut Aruh Baharin yang dilaksanakan sebagai perwujudan rasa syukur setelah musim panen," katanya.

Meskipun Aruh Baharin diselenggarakan seusai masa panen, namun tidak setiap tahun dilaksanakan, tergantung hasil panen saat itu, apakah mencukupi untuk ukuran sebuah perayaan atau tidak.

Untuk pelaksanaan Aruh Baharin kali ini, masyarakat adat Dayak Pitap telah mempersiapkan tiga ekor kerbau, tujuh ekor kambing dan dua pikul ayam sebagai hidangan selama perayaan.

"Aruh Baharin dilaksanakan selama satu minggu penuh, namun puncak acara digelar pada Jumat malam selama satu malam suntuk," katanya.

Puncak acara itu diisi dengan upacara adat yang disebut "Batandik", yaitu menari sambil diiringi pembacaan mantra berisi pujian dan doa kepada Dewa.

Pembacaan mantra dan doa dilakukan oleh para tokoh masyarakat adat yang disebut "Balian", sedang proses pembacaannya disebut "Bamamang".

Upacara Aruh Baharin biasanya dihadiri oleh para "Balian" dari seluruh Balai Adat yang ada di Kalsel yang jumlahnya bisa sampai 10 orang per satu Balai Adat.

Melalui upacara adat Aruh Baharin, masyarakat adat Dayak Pitap di Balangan menyampaikan rasa syukur, puji-pujian dan do serta pengharapan agar panen dimasa yang akan datang berlimpah ruah.

-

Arsip Blog

Recent Posts