Museum Pamerkan Alat Musik Tradisional

Jakarta - Museum Nasional bersama 25 museum provinsi lainnya di Tanah Air memamerkan 160 instrumen alat musik tradisional selama 7 bulan penuh.

Di Museum Nasional, pameran yang dibuka Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik pagi ini berlangsung hingga 12 November 2010.

Menbudpar Jero Wacik mengatakan tema Harmoni Nusantara pada pameran ini sesuai dengan tema Hari Musem Internasional 2010 yaitu Museums for Social Harmony yang ditetapkan The International Council of Museums (ICOM).

Kegiatan yang mendapat perhatian para duta besar negara sahabat ini bukan hanya memamerkan alat musik tradisional dari satu daerah tetapi pengunjung juga diberi gambaran fungsi alat dalam kehidupan masyarakat, peragaan pembuatan alat, serta informasi seni musik tradisional dalam konteks pertunjukan.

Aurora Tambunan, Dirjen Sejarah dan Purbakala Kemenbudpar mengatakan kegiatan pameran bersama sudah kerap dilakukan oleh pengelola museum provinsi.

"Sebelum ini pameran keliling telah dilakukan dengan tema Ragam Hias dan Patung Etnik Nusantara dari museum ke museum dan berakhir di Museum Provinsi Maluku Siwa Lima," tandasnya.

Menurut Aurora, pameran kali ini dibagi dalam dua subtema yaitu kelompok sajian utama dan kelompok sajian pelengkap sehingga seni musik nusantara ini disajikan dalam rangkaian sejarah budaya nusantara. (mfm)

-

Arsip Blog

Recent Posts