Pemilihan Duta Wisata Muli Mekhanai Tanggamus 2009

Kota Agung, Lampung - Ajang perhelatan Pemilihan Muli Mekhanai Tanggamus 2009 dimulai kemarin, dibuka Asisten III Tanggamus H. Herlambang di Appel Cafe Gisting. Sedikitnya sembilan muli dan 18 mekhanai unjuk kebolehan menampilkan beauty, brain, dan behavior mereka. Pemilihan duta wisata ini merupakan agenda Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanggamus bekerja sama dengan Appel Cafe Gisting sebagai pelaksana.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanggamus H. Bahagia Saputra mengatakan setiap peserta muli mekhanai Tanggamus harus mempunyai kemampuan berupa ilmu pengetahuan tentang kebudayaan, umum, pemerintahan maupun kehidupan sosial di daerah ini. "Peserta muli mekhanai ini harus mengikuti sesi tes tertulis, wawancara, audiensi, dan dialog. Pemilihan nanti mirip juga dengan pemilihan putri Indonesia," kata Bahagia, di Appel Cafe Gisting, Rabu (15-4).

Bahagia menyebutkan, Pemilihan Muli Mekhanai Tanggamus bukan hanya sebatas mencari bakat-bakat modeling semata. Melainkan peserta harus bisa mengomunikasikan potensi wisata maupun budaya kepada masyarakat luar serta lingkungan sosial tempat mereka tinggal. "Selain itu, kemampuan menguasai bahasa Inggris menjadi penilaian tersendiri muli mekhanai," kata dia.
Dari peserta ajang lomba Pemilihan Muli Mekhanai Tanggamus 2009 ini, panitia akan memilih dua pasang muli mekhanai terbaik (satu dan dua), yang akan dipersiapkan menjadi duta Kabupaten Tanggamus pada ajang serupa tingkat Provinsi Lampung, pada Juni mendatang.

Muli mekhanai yang terpilih sebagai duta wisata dapat mempromosikan objek wisata dan budaya Tanggamus, baik di tingkat lokal (regional), nasional dan dunia. Aspek penilaian meliputi estetika berbusana, catwalk, tata rias, fashion, photostyle. Juga aspek kecakapan yang meliputi pengetahuan tentang kepariwisataan dan kebudayaan, wawasan, dan pengetahuan populer, serta talent show (unjuk bakat). Aspek penilaian lainnya adalah personality meliputi table manner (jamuan makan malam), public speaking, dan etika pergaulan. (n UTI/D-2)

Sumber: http://www.lampungpost.com 16 April 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts