Ada Pameran Budaya Indonesia di Museum Pasir Tottori Jepang

Tokyo, Jepang - Mau lihat budaya Indonesia, ada wayang, ada Borobudur, ada patung Bali dan sawah Indonesia yang indah, semua sedang dipamerkan dalam bentuk patung pasir di Museum Pasir Tottori, dua setengah jam berkereta api dari Osaka, sampai dengan 5 Januari 2014.
Berbagai patung pasir tersebut lucunya tidak dibuat oleh artis Indonesia tetapi justru oleh  satu tim terdiri dari 18 artis berbagai negara, tidak satu pun dari Indonesia. Mereka berasal dari Jepang, Belanda, Amerika Serikat, Kanada, India, China, Rusia, Belgia, Itali, dan Portugal.
Tema pameran memang Asia Tenggara, tetapi selama pameran lagu-lagu Indonesia, musik Sunda, Bali, Jawa yang mengalun di area pameran tersebut.
Selain patung-patung bergambar kekayaan dan alam budaya Indonesia, dengan dua dewa Bali menjaga pintu masuk dan keluar tempat pameran, muncul pula karya budaya dari negara lain seperti candi Angkor Wat, Pagoda dari Thailand, dan sebagainya.
Di tengah lokasi pameran ada pula semacam tempat pemandian seperti yang kita lihat di tempat pemandian Tampak Siring di Bali. Lengkap dengan air dan pancurannya juga dibuat di tengah lokasi pameran tersebut.
Museum Pasir Tottori milik pemda Tottori dan pameran didukung oleh Biro Pariwisata Tottori serta Asean-Japan Centre yang bermarkas di Tokyo.
Sambutan Duta Besar Indonesia untuk Jepang dipamerkan pula di sebuah panel. Dubes menghargai sekali upaya penyelenggara tersebut yang sekaligus memperkenalkan budaya Indonesia di tengah masyarakat Jepang berupa patung yang dibuat dari pasir pantai (laut).
Biaya masuk 600 yen untuk dewasa dan 300 yen untuk anak-anak. Pameran seiring dengan peringatan 40 tahun kerjasama Asean-Jepang yang puncaknya akan dilakukan Desember 2013 di Tokyo dengan kehadiran para Kepala Negara Asean termasuk Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono juga direncanakan hadir di Tokyo.
-

Arsip Blog

Recent Posts